Polemik Makam Mede, Obon Tabroni Turun Tangan

Anggota DPR RI, Obon Tabroni, bersama warga Mekarwangi, Cikarang Barat, Minggu, 3 Januari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi -Anggota Komisi X DPR-RI Obon Tabroni mengunjungi Makam Mede di Desa Mekarwangi, Kecamatan Cikarang Barat yang direncanakan bakal direlokasi untuk kepentingan perluasan Kawasan Industri MM 2100 (2/1).

Kedatangan, Politisi Gerindra itu langsung disambut oleh keluarga ahli waris yang dimakamkan di Makam Mede. Mayoritas warga menolak adanya relokasi itu.

“Bagi saya, ini menjadi persoalan kita yang harus kita selesaikan bersama. Berupaya semaksimal mungkin dalam menjalani proses menjadi tindakan pertama bagi kita.

Persoalan hasil adalah bagaimana kita dalam menjalani proses tersebut,”kata Obon.

Obon memastikan mendukung langkah warga yang tetap menolak relokasi Makam Mede dan ingin Makam Mede tetap lestari, “Pabrik kan bisa dimana saja, ga harus dilokasi makam,”tuturnya.

Sebelumnya, diketahui perwakilan warga mendatangi kediaman Obon Tabroni untuk mengadukan wacana relokasi Makam Mede oleh pemerintah desa Mekarwangi untuk kepentingan PT Bekasi Fajar.

“Kami mengadu terkait adanya rencana relokasi Makam Mede yang berlokasi di Desa Mekarwangi, padahal terkait hal itu bahwa kami mayoritas sebagai warga ahli waris kami semua menolak dengan dasar ini adalah makam sejarah leluhur dan sudah ada sejak lama sebelum Mekarwangi itu ada,” ucap Ustaz Tubagus Khoerudin selaku Ketua Penolakan Relokasi Makam Mede

“Informasi bahwa akan direlokasi oleh pihak perusahaan PT Bekasi Fajar, dengan itu kami mengadu dan berharap dewan selaku wakil rakyat dapat membantu kami agar dapat mempertahankan kelestarian Makam Mede, juga berharap adanya perlindungan dan arahan seperti apa, yang berkaitan dalam persoalan kami ini,” sambung dia.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here