Camat Setu Pantau Musrenbangdes Mukti Jaya

Camat Setu Joko Dwijatmoko di Musrenbang Muktijaya, Kamis, 7 Januari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi -Musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) mulai digelar di desa-desa Kecamatan Setu. Hari ini desa yang menggelar Musrenbang adalah Desa Muktijaya, Desa Cijengkol, dan Desa Cibening.

Camat Setu, Joko Dwijatmoko, bersama Sekcam M. Ali Amran secara langsung meninjau pelaksanaan Musrenbang di Desa Muktijaya.

Joko menilai antusias peserta dari tiap RT sangat bagus, dan pihak desa pun telah memiliki skala prioritas mengenai sektor mana yang akan diajukan dan mana yang tidak.

“Lurah juga sudah melakukan improvisasi, ajuan dari RT-RW semua dimasukkan. Kalau ada kegiatan dinas, SKPD, aspirasi dewan, itu tidak masuk final (final), dijadikan main menu, kalau ada kegiatan (masuk) dari menu itu tidak bisa. Jadi tidak ada kegiatan siluman,” kata dia.

Lebih lanjut Joko menerangkan, ajuan pada musrembang pihak desa akan diverifikasi langsung oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda). Setelah itu nanti diverifikasi, diserahkan lagi ke kecamatan.

“Pengajuan lebih banyak infrastruktur. Seharusn tidak melulu itu, ada pemberdayaan atau pembinaan juga bisa,” kata mantan camat Cibitung ini.

“Saya juga minta kegiatan yang masih bisa di-handle desa tidak dimasukkan ke musrenbang, misal kegiatan jaling. Jadi, musrenbang untuk pengajuan yang sifatnya monumental,” sambung dia.

Sementara itu Ketua BPD Muktijaya, Ahmad, mengatakan seluruh aspirasi warga sudah disampaikan pada kegiatan itu.

“Yang prioritas jalan lingkungan di Lebaksiul lalu UMKM untuk usaha penanaman kencur PKK, dan juga Karang Taruna. Pemberdayaan masyarakat,” demikian dia.

Puncak musrenbang di kecamatan yang dahulu terkenal dengan durian itu akan berlangsung pada 25 Januari 2020 di Desa Burangkeng. Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja dijadwalkan menghadiri kegiatan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here