Warga Cijengkol Diminta Manfaatkan Lahan Tidur 

Pemerintah Desa Cijengkol beserta kepolisian dan tentara berfoto bersama. (Foto: Istimewa)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kepalala Desa Cijengkol, A Saepulloh meminta warganya untuk memanfaatkan lahan tidur yang ada dilingkungan guna mengantisipasi krisis pangan. Sehingga produktivitas pangan khususnya di kecamatan Setu menggeliat.

Pasalnya, dampak pandemi Covid-19 ini membuat ekonomi warga desa sulit. A Saepulloh meyakini jika dimanfaatkan dengan baik, lahan tidur bisa menjadi lahan produktif yang dapat dirasakan masyarakat.

“Kita selalu menyampaikan kewarga untuk melakukan pemanfaatan, lahan tidur disentuh jadi produktif. Bisa menggunakan lahan yang tidak terpakai dilingkungan RT/RW,”kata dia ditemui awak media.

Masyarakat dapat memanfaatkan lahan tidur dijadikan lahan bercocok tanam yang produktif seperti penyediaan pangan dan hortikultura padi, jagung, sayur, buah, dan subsektor pertanian lainya.

“Seperti tales Bogor itu, ketika ditanam di kami justru lebih enak atau bisa ditanam pohon pisang. Mungkin kalau biasanya ada warga makan burger, ketika ekonomi sulit ini, besok makan kukus pisang,”tuturnya.

Tahun 2021, ini dikatakan di Pemerintah Desa Cijengkol berupa memulihkan kembali ekonomi rakyat akibat pandemi Covid-19. Selain meminta warga memanfaatkan lahan tidur, pemdes juga akan menggiatkan Padat Karya Tunai Desa (PKTD).

Di PKTD ini, pembangunan desa akan melibatkan warga Desa Cijengkol terutama yang membutuhkan untuk membantu program pembangunan desa.

“PKTD ini salah satu upaya, nanti yang bekerja kan warga yang ekonominya terdampak. Rencana PKTD kita itu, normalisasi kali kembang, sebagai langkah antisipasi banjir,”tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here