PSM Desa Taman Sari Pastikan Sesuai Prosedur

Ilustrasi penyaluran BPNT. (Foto: Istimewa)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) Desa Tamansari, Setu, menampik kabar yang menerpa dirinya bahwa dia menyelewengkan bantuan pangan nontunai (BPNT) terhadap 2 keluarga penerima manfaat (KPM).

Dua KPM itu atas nama Siti Marlina, dan Siti Marsitoh, keduanya merupakan warga Kampung Awirangan, Desa Tamansari.

PSM Desa Taman Sari, Asep, menilai kabar itu merugikan dirinya karena tidak sesuai dengan fakta.

“Karena kami punya dasar sanggahan yang jelas. Kami kroscek juga ke KPM, klarifikasi seperti apa yang di beritakan, ke PSM juga tidak ada klarifikasi atau konfirmasi apa-apa, kita taunya langsung timbul pemberitaan seperti itu,” ucap dia, Rabu (19/1/2021).

Dia mengaku sampai saat ini belum ada pihak manapun yang mengkonfirmasi terkait hal itu.

Sementara itu Tenaga Kesehahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Setu, Diana Rustanti, mengingatkan agar dalam bertugas harus sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Khususnya KPM harus melakukan sesuatu sesuai aturan, mereka harus datang sendiri ke e-Warong, dengan membawa KKS-nya, cek saldo, dan gesek pembelian. Kemudian PSM di sini tugasnya mendampingi,” ucap dia.

Siti Marlina mengaku kaget karena nama dia muncul pada pemberitaan. Dia merasa tidak ada yang bertanya tentang hal itu (dugaan penyelewengan hak). Dia mengaku menjadi risih dan takut akibat hal itu.

“Kita justru juga jadi merasa terganggu, jadi risih, takut, karena kan gak tau apa-apa, dibuat beritanya secara sepihak,” ucap Marlina.

“Hak kita di BPNT alhamdulillah sudah terpenuhi sesuai dengan yang diberikan pemerintah melalui KKS itu, dan mengucapkan banyak terimakasih kepada Pemerintah Desa dan PSM yang sudah membantu pada akhirnya saya bisa memperoleh KKS di bulan Oktober, intinya kami tidak tahu apa-apa terkait apa yang diberitakan,” sambung dia.

Senada dengan Marlina, Siti Masitoh pun mengakui hal yang sama.

“Saya juga bingung kenapa bisa begitu, memang benar saya salah satu penerima BPNT melalui KKS itu, dan alhamdulillah sudah terpenuhi hak saya sesuai dengan yang saya dapat dari KKS itu,” ungkap dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here