Gedung Baru Tak Kunjung Ditempati,  Kondisi Pustu Lama Cikarageman Terancam Ambruk

  • Share
Kondisi Bangunan Pustu Desa Cikaregeman, Kamis, 21 Januari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kondisi bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Cikarageman sangat mengkhawatirkan dan tidak laik untuk dijadikan sebagai tempat layanan kesehatan.

Pantauan awak media, pihak puskesmas masih bangunan lama yang kondisinya tidak laik. Sedangkan bangunan pustu yang baru dibangun sekitar tahun 2012, lantaran diduga belum diserahterimakan dari dinas terkait.

Kondisi bangunan lama Pustu tersebut sudah rapuh, tampak gypsum langit-langit sudah mau ambruk dan material kayu terlihat lapuk.

“Masih berfungsi  dan aktif namun memang bisa dilihat tidak laik untuk dijadikan tempat kesehatan. Pustu melayani di hari Senin, Rabu dan Jumat,”kata Sekretaris Desa Cikarageman, Sugih dikonfirmasi.

Sedangkan untuk bangunan baru dikatakan Sugih sama sekali belum digunakan oleh pihak kesehatan,”Itu dibangun masih jaman  Bupati Sadudin dan pemerintah desa yang lama. Memang belum digunakan dari awal,”kata dia.

Alhasil, bangunan pustu yang baru itu terkesan mubasir. Pihak desa dikatakan Sugih tidak bisa ikut campur lantaran bangunan bukan kewenangan desa.

“Jadi tidak terpakai dan memang sangat sayang. Kita tidak berani memanfaatkan bangunan tersebut. Kami berharap ada kejelasan status bangunan itu,”tuturnya.

Sugih menjelaskan status tanah kedua bangunan pustu ini memang berdiri dilahan Tanah Kas Desa. Ia berharap pemerintah kabupaten dapat segera menjelaskan status bangunan pustu itu agar bisa digunakan pihak Puskesmas.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *