Sudah Tinjau Pustu Cikarageman, Camat Setu Upayakan Renovasi Masuk ABT

  • Share
Camat Setu Joko Dwijatmoko bersama Sekcam M. Ali Amran meninjau bangunan Puskesmas Pembantu Desa Cikaregeman yang tak terpakai sejak dibangun tahun 2010-an, Jumat, 21 Januari 2021. (Foto: Istimewa)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Camat Setu Joko Dwijatmoko mengaku sudah meninjau Puskesmas Pembantu (Pustu) Desa Cikarageman yang kondisinya sudah tidak layak dijadikan tempat fasilitas kesehatan.

“Saya sudah lihat dan tadi Bu Kapus Setu dua sudah berbicara ke saya. Gedung baru itu tidak ada kamar mandi, sehingga masih menempati gedung yang lama,”kata Joko usai menghadiri Musrenbangdes Burangkeng.

Joko mengupayakan renovasi Pustu Cikarageman dimasukan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT) Tahun 2021 untuk renovasi.”Nanti dibantu dimasukkan di ABT. Saya sudah lihat gedung yang lama dan baru,”katanya.

Sebelumnya, Ketua Forum Badan Permusyawaratan Desa (F-BPD) Setu, Eras Rasidi mendesak pemerintah merenovasi Pustu Cikarageman yang sudah tidak layak ditempati.

Ia mengaku miris, ditengah pandemi Covid-19 kondisi pusat kesehatan masyarakat desa justru dalam keadaan memprihatinkan.

Itu sudah wajib jadi perhatian dan prioritas, kami sangat prihatin melihat kondisi puskesmas pembantu yang tidak laik seperti itu,”kata Eras.

“Ini sangat miris, ditengah gencarnya pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten menerapkan protokol kesehatan, namun tempat untuk kesehatan pun tidak diperhatikan,”kata mantan Sekretaris PAN Kabupaten Bekasi itu.

Pantauan awak media, pihak puskesmas masih bangunan lama yang kondisinya tidak laik. Sedangkan bangunan pustu yang baru dibangun sekitar tahun 2012, belum digunakan lantaran diduga belum diserahterimakan dari dinas terkait.

Kondisi bangunan lama Pustu tersebut sudah rapuh, tampak gypsum langit-langit sudah mau ambruk dan material kayu terlihat lapuk, begitu juga gedung Pustu yang baru, juga dalam keadaaan rusak.

banner 120x600
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *