Lahan Penuh Sampah yang Viral dan Penghuni di Sekitarnya

Hamparan sampah di wilayah Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat. Lokasinya persis di samping Tol JORR, Senin, 25 Januari 2021. (Foto: Urbanjabar.com/Muhammad Sofyan)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kota Bekasi – Lahan penuh sampah yang terhampar luas di wilayah Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat, menjadi viral. Tanah kosong milik Kementerian Keuangan itu penuh sampah yang entah datang dari mana.

Warga setempat, Sudin, 50 tahun, mengatakan hamparan sampah itu sudah ada sejak lama. Ia tidak tahu pasti sejak kapan dan dari mana sampah itu berasal.

“Kita juga bingung mau diapakan kita biarkan saja baunya menggangu, kita bakar asap dari bakaranya juga menggangu, jadi kita mencoba terbiasa saja,” kata dia kepada Reporter Urbanjabar.com, Senin, 25 Januari 2021.

Darma, warga lain, juga mengatakan hal serupa. Pencari barang bekas itu sudah terbiasa dengan aroma sampah. Apalagi, dia tinggal sangat dekat dengan tumpukan sampah itu.

“Pengenya sih punya rumah di tempat yang bagus, tapi bersyukur saja masih ada temat yang bisa kita jadikan tempat tinggal,” ungkapnya.

Di sekeliling lahan penuh sampah itu terdapat bangunan liar yang memadati. Para penduduk setempat didominasi para pemulung yang setiap pagi beranjak mencari barang bekas. Sementara, pada siang hari mereka memilah sampah untuk dijual.

Berdasarkan keterangan ketua RT setempat, sampah itu sudah ada sejak dua tahun lalu. Sampah dibuang oleh para warga yang tidak bertanggung jawab.

 

(msn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here