Upaya Pemulihan Ekonomi, Karang Taruna Setu Dorong Pengurus Desa Bentuk Koperasi

Upaya Pemulihan Ekonomi, Karang Taruna Setu Dorong Pengurus Desa Bentuk Koperasi
Raker Karang Taruna Kecamatan Setu di Desa Ragemanunggal, Minggu, 31 Januari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Peningkatan ekonomi dan peran serta Karang Taruna Kecamatan Setu di tengah pandemi menjadi sejumlah pokok bahasan pada Rapat Kerja Karang Taruna di Ruang Serbaguna Desa Ragemanunggal, Setu, Minggu (31/1/2021).

Ketua Karang Taruna Setu, Acep Juandi, mengatakan pada raker tersebut juga dibahas tentang Peraturan Bupati Nomor 122 Tahun 2020 tentang pedoman penyelenggaraan Karang Taruna.

“Pada Pasal 34 disebutkan sumber pendanaan Karang Taruna. Kalau di tingkat Desa dari Dana Desa, kalau kecamatan dan kabupaten dari hibah yang bersumber dari APBD,” ungkap Acep kepada media.

“Sebagian desa sudah menganggarkan (untuk Karang Taruna). Sebagian Karang Taruna desa ada yang belum mendapatkan. Mungkin mereka belum membuat program lewat raker,” ucap pria yang juga komandan Garda Sakti Sekata itu.

Pada kesempatan tersebut Bung Leo, sapaan akrabnya, memberi pemaparan tentang peningkatan peran kualitas kader Karang Taruna lewat bimbingan teknis (bimtek).

Di Setu, kata dia ada 30 persen dari Karang Taruna desa yang belum mendapat anggaran dari desa.

Selain itu kata dia, paada Perbup yang sama pada Pasal 13 dijelaskan mengenai unit teknis Garda Sakti Sekata atau Garda Satuan Bakti Serbaguna Karang Taruna.

Dia akan menyesuaikan kebutuhan Karang Taruna di desa-desa agar dapat sinergi dengan pemerintahan desa setempat.

Dalam waktu dekat, kata Leo, Karang Taruna Setu akan membuat unit teknis pada bidang media sosial, Kartini Katar, dan badan uaha milik Karang Taruna (BUMKT),”Teman-teman pengurus di desa juga didorong untuk membentuk koperasi. Nanti disesuaikan dengan potensi yang ada didesa,”tuturnya.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here