73 Rumah Rusak, Kerugian Ditaksir Lebih Dari 1 Milyar

  • Share
Kondisi sejumlah rumah yang rusak akibat terjangan puting beliung di Graha Cipta Taman Sari, Desa Tamansari, Kecamatan Setu, Minggu, 7 Februari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Desa Taman Sari, Kecamatan Setu menaksir kerugian akibat bencana puting beliung diwilayahnya menyampai angka lebih dari satu milyar.

Pasalnya, dari 73 rumah yang rusak akibat disapu puting beliung. Sekitar 38 rusak berat yang membutuhkan renovasi total sedang 35 rumah rusak ringan.

“Total kerugian sekitar Rp 1.110 milyar dari semua yang rusak. Kita sudah melaporkan hal ini kepada BPBD Kabupaten Bekasi,”kata Sekretaris Desa Taman Sari, Nurhasan.

Saat ini, untuk meringankan dampak dari bencana itu, dikatakan dia warga membutuhkan bahan makanan dan terpal untuk sementara menutup sementara atap rumah yang rusak ringan.

Puluhan rumah di Desa Taman Sari, Kecamatan Setu rusak parah akibat diterjang angin puting beliung, Minggu (7/12) dinihari. Total sekitar 73 rumah yang rusak.

Sekretaris Desa Taman Sari, Nurhasan dikonfirmasi mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan. Ada tiga titik yang terkena terjangan angin puting beliung.

“Ada tiga titik, di perumahan Graha Cipta Taman Sari sebanyak 54 unit rumah, kategori parah 30 rumah dan kategori ringan 24 rumah. Di perkampungan RT 01/05 8 rumah, 2 kategori parah dan 6 ringan dan RT 04/05 5 rumah, 2 kategori parah dan 3 ringan,”kata dia dikonfirmasi.

Selain itu di RT02 /01 6 rumah dengan kategori parah 4 rumah dan ringan 2 rumah Tidakda korban jiwa dalam musibah ini, dikatakan mayoritas warga rumah yang rusak akibat atap rumah berterbangan,”Tidak ada korban jiwa dan luka-luka nihil,”tuturnya.

 

(bks)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *