Kepala Desa Tamansari Fokus pada Pemulihan Dampak Bencana Puting Beliung

  • Share
Kepala Desa Tamansari, M. Jahi Hidayat, meninjau lokasi rumah yang terdampak puting beliung, Senin (8/2). (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Sebanyak 54 rumah rusak akibat terjangan puting beliung di Perumahan Graha Cipta Tamansari, Kecamatan Setu, Minggu, 7 Februari 2021. Dari jumlah itu, 30 rumah mengalami rusak berat.

Kepala Desa Tamansari, M. Jahi Hidayat, mengaku prihatin atas bencana itu. Dia turut membantu warga yang terdampak bencana tersebut seperti dalam pembersihan puing-puing material atap, seng, dan baja ringan yang sempat berserakan di jalan.

Sejumlah rumah tak bisa ditempati lantaran kerusakan pada bagian atap sudah sedemikian parah, sehingga mereka terpaksa menempati rumah kosong terdekat.

“Genting yang bisa dipasang ya dipasang lagi. Kita juga lagi berusaha supaya bisa bisa ditempati seadanya. Situasi warga gak mau ngungsi ke tetangga atau ke tempat itu,” kata dia kepada wartawan di Posko Kesehatan dan Dapur Umum, Senin, 8 Februari 2021.

Kepala desa menyiapkan dapur umum dan posko kesehatan sebagai tempat utama di mana warga dapat memeriksa kesehatannya dan mendapat makan. Jahi mengatakan untuk bantuan logistik bagi warga sudah aman, hanya saja perbaikan fisik rumah yang masih terkendala.

Kerusakan tiap rumah diperkirakan menimbulkan kerugian mulai dari Rp3 juta. Hal itu dirasa
memberatkan lantaran kondisi ekonomi warga dalam situasi pandemi seperti sekarang ini.

“Saat ini belum ada pemecahan solusi untuk bantuan fisik,” kata dia.

Pihak desa dan warga saat ini berupaya meminta bantuan pemerintah daerah, ataupun pengembang perumahan dan pihak bank kreditur di sana.

(bks)
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *