Baru Selesai Dibangun, Eh TPT Kali Sadang Sudah Retak

  • Share
Warga bersama-sama memperbaiki TPT kali Sadang yang retak, Desa Ciledug, Kecamatan Setu, 9 Februari 2021. (Foto: Istimewa)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Baru selesai dibangun akhir tahun lalu, Tanggul Penahan Tanah (TPT) Kali Sadang di Desa Ciledug  sudah retak. Warga pun khawatir TPT itu jebol dan luapan menyebabkan banjir di perumahan Griya Setu Permai dan Mustika Gandaria.

Pasalnya, terdapat satu titik patahan yang mengakibatkan air merembes. Diduga selain tidak kuat menahan derasnya aliran air, retakan itu terjadi lantaran pergeseran tanah.

TPT Kali Sadang yang retak. (Foto: Istimewa)

Alhasil, warga sesuai arahan Kepala Desa Ciledug, Iing Solihin mengambil langkah untuk melaksanakan gotong royong menahan TPT yang retak dengan perlengkapan seadanya seperti karung dan bambu.

“Iya turapan kemarin (TPT,red). Itu patah karena rembes  posisi tanahnya dan geser akibatnya patah.  Berpotensi air meluap dari bibir kali sadang, khawatir air mengalir seperti dulu dan mengakibatkan banjir parah,”Kata Ketua BPD Ciledug.

Eras mengatakan jika tidak segera dibenahi, TPT Kali Sadang dapat jebol dan kembali mengakibatkan banjir di perumahan-perumahan, “Ini gotong royong, darurat kali sadang,”tuturnya.

Diketahui, proyek TPT dirampungkan pada akhir Desember lalu. Proyek ini dibangun dengan anggaran sekitar satu milyar dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

 

(bks)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *