Terapkan Prokes di wilayah, Kades Cijengkol Edukasi PPKM ke Pengurus RT/RW

Kades Cijengkol, A. Saefulloh, menyosialisasikan PPKM kepada pengurus RT dan RW, Senin, 15 Januari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Pemerintah Desa Cijengkol, Kecamatan Setu memberikan edukasi ke perangkat Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) terkait Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ditingkat RT/RW. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di wilayah.

Kepala Desa Cijengkol, A Saefulloh mengatakan edukasi ini untuk memberikan pemahaman kepada pengurus RT/RW untuk pelaksanaan PPKM. Seluruh perangkat diminta untuk dapat menegakkan protokol kesehatan (prokes) di masing-masing wilayah.

“Kita berikan edukasi untuk perangkat RT/RW terkait penanganan Covid-19 serta penegakkan prokes di masing-masing wilayah RT/RW. Penanggulangan Covid-19 ini butuh peran serta semua masyarakat, tidak hanya bisa pemerintah,”kata dia.

Perangkat RT/RW diminta untuk dapat memonitor setiap kegiatan warga yang menimbulkan kerumunan serta mengingatkan warga untuk menerapkan protokol kesehatan saat bepergian keluar rumah,”RT/RW harus bisa memberikan pemahaman kepada warganya, untuk senantiasa menggunakan masker untuk keluar rumah,”tuturnya.

Selain itu, perangkat rt/rw juga harus pro aktif melaporkan warganya yang terpapar Covid-19 ke bidan desa dan pemerintah desa, “Jika ada warga harus cepat lapor, dan ditracking warga yang berdekatan dengan warga yang positif. Dengan begini penyebaran dapat diredam,”tuturnya.

Pengurus RT/RW harus dapat memberikan motivasi untuk warganya yang terpapar Covid-19 dengan memberikan dukungan moril, “Covid-19 bukan aib, ini wabah yang harus diperangi bersama. Tidak boleh ada perangkat RT/RW yang mengucilkan warganya,”paparnya.

 

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here