Reaksi Cepat Desa Ciledug Tangani Banjir Secara Mandiri

Reaksi Cepat Desa Ciledug Tangani Banjir Secara Mandiri
Lurah Ciledug Iing Solihin memberikan logistik kepada perwakilan warga korban banjir di Posko Penanggulangam Banjir, Minggu, 21 Februari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Sejumlah titik banjir di Desa Ciledug sudah surut pada Minggu, 21 Februari 2021. Ketinggian air di Situ Burangkeng sejauh ini juga terpantau normal hingga pukul 14:18 WIB.

Di Posko Penanggulangan Banjir Desa Ciledug, logisitik untuk korban banjir dipusatkan oleh pemerintahan desa bersama dengan Karang Taruna setempat.

Kepala Desa Ciledug, Iing Solihin, menjelaskan sedikitnya ada 6.000 kepala keluarga (KK) dari 5 perumahan yang terdampak banjir.

Para korban banjir mengungsi ke masing-masing titik pengungsian yang terdekat. Meski banjir sudah surut, sejumlah warga belum kembali ke kediaman masing-masing.

Iing menjelaskan pemerintah desa bersama BPD, dan Karang Taruna, berupaya merespons cepat kebutuhan warga secara mandiri sehingga waktu respons terbilang cepat.

“Saat ini yang paling dibutuhkan warga adalah makanan dan obat-obatan, dan popok. Tapi sudah kita cover semua,” ujar Iing, Minggu (21/2).

Kata Iing, hingga saat ini desa masih bersiaga untuk mengantisipasi banjir susulan yang mungkin saja terjadi. BMKG memprediksi cuaca ekstrem disertai hujan lebat masih dapat terjadi hingga 26 Februari 2021.

“Sekarang sudah pada surut di titik banjir. Kita bersama Karang Taruna masih bersiaga. Untuk di tiap perumahan kita sudah dirikan dapur umum untuk penuhi kebutuhan warga,” jelas Iing.

Meski dapat memenuhi kebutuhan secara mandiri, bantuan juga datang dari luar seperti Karang Taruna Unit 9 Kelurahan Ciketing Udik, Bantargebang.

Reaksi Cepat Desa Ciledug
Kades Ciledug Iing beserta Ketua BPD Eras Rasidi menerima bantuan dari RW 03 Ciledug, Minggu, 21 Februari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Pengurus Karang Taruna Unit 9 membawa bantuan berupa makanan siap saji, dan juga uang tunai.

“Alhamdulillah kita turut merasakan apa yang dirasakan warga Desa Ciledug. Walaupun beda wilayah kita saling bantu. Sekalian silaturahmi ke sini,” jelas Ketua Karang Taruna Unit 9, Sulistio.

Bantuan juga datang dari RW 3 Desa Ciledug yang tak terdampak banjir berupa uang tunai sebagai bentuk rasa empati kepada perumahan yang terdampak banjir.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here