Tinjau Korban Banjir, Nemin Fokus Penanganan Kesehatan dan Penanggulangan Pasca Banjir

  • Share
Tinjau Korban Banjir, Nemin Fokus Penanganan Kesehatan dan Penanggulangan Pasca Banjir
Kepala Desa Burangkeng, Nemin, menyerahkan bantuan kepada korban banjir di perumahan Grand Residence, Minggu, 21 Februari 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kepala Desa Burangkeng, Nemin meninjau lokasi pengungsian korban banjir di Grand Residence, Kecamatan Setu, Minggu, 21 Februari 2021. Mayoritas yang terendam di perumahan-perumahan.

Nemin mengatakan pasca banjir, pihaknya akan fokus penanganan kesehatan dan jangka pendek penaggulangan banjir.

“Banjir sudah mulai surut, warga pun sudah mulai kembali kerumah masing-masing dengan keadaan sehat dan selamat,” kata Mantan Anggota DPRD Kabupaten Bekasi ini.

Pemerintah Desa (Pemdes) Burangkeng berkoordinasi dengan RT/RW untuk memonitor kondisi kesehatan warga pasca terjadinya banjir.

“Kita monitor ke RT/RW, jika ada warga yang membutuhkan obat-obatan, bidan desa juga kami libatkan,” ujar dia.

Untuk jangka pendek, ia menyebutkan akan terjadi pergeseran anggaran di tahun ini dengan memfokuskan pembuatan tanggul penahan tanah (TPT) di perumahan Mustika Grande.

“Seperti di Mustika Grande, tahun ini ada pergeseran anggaran untuk TPT dan pengadaan mesin pompa air. Karena kami menilai sangat mendesak. TPT kurang lebih 500 meter,” ucap dia.

Pasalnya, luapan kali Burangkeng melimpah ke perumahan Mustika Grande.

“Bukannya jebol, melainkan limpahan dari kali Burangkeng, adanya TPT dapat mencegah luapan,”katanya.

Selain itu jangka panjangnya, Pemdes Burangkeng akan meminta Pemerintah Kabupaten Bekasi untuk menormalisasi kali. Pasalnya normalisasi tidak memungkinkan dilakukan oleh desa.

“Ada beberapa titik-titik kali yang mengalami pendangkalan. Itu akan disampaikan ke pemerintah daerah, karena anggaran cukup besar, tidak mampu menggunakan anggaran pemerintah desa,” tuturnya.

Sebanyak empat titik banjir dikunjungi Nemin yakni, Bekasi Timur Regency 7, Mustika Grande, Grande Residence dan Cahaya Darussalam. Dalam kunjungan itu Nemin juga menyerahkan bantuan sembako untuk korban banjir.

(bks)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *