Dua Desa Desak Jembatan Mutiara Colombus Dibongkar

Dua Desa Desak Jembatan Mutiara Colombus Dibongkar
Warga yang terdampak banjir di Desa Burangkeng, Tridjoko Siamtoro, di depan gorong-gorong Mutiara Colombus, Kecamatan Mustikajaya, yang diduga jadi biang kerok banjir di Desa Burangkeng, dan Cijengkol.
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Dua desa di Kecamatan Setu mendesak Pemerintah Kabupaten Bekasi tegas ke Pemerintah Kota Bekasi terkait penyempitan gorong-gorong di jembatan Perumahan Mutiara Columbus, Kota Bekasi.

Pasalnya, jembatan yang dimaksud terdapat empat lubang dibawah jembatan itu, alhasil daya tampung air tidak sesuai. Dua desa itu yakni Burangkeng dan Cijengkol.

Kepala Desa Burangkeng, Nemin menyesalkan lambatnya pemerintah kabupaten menegur pemerinta kota. Pihak desa sudah berkirim surat sejak dahulu.

“Kami menyesalkan lambatnya pemerintah kabupaten berkoordinasi dengan pemerintah kota,” ucapnya.

jembatan mutiara colombus
Bagian bawah jembatan Mutiara Colombus, Kecamatan Mustikajaya, yang dipersoalkan dan diduga menjadi penyebab banjir di Desa Burangkeng dan Cijengkol. Foto diambil pada 15 September 2020.

Akibat tak kunjung dibongkar, beberapa perumahan di Burangkeng terendam mulai Mustika Park Place dan Mustika Grande.

“Percuma saja kita normalisasi, kalau jembatan itu tidak dibongkar, jadi air gak muat masuk situ, jadi nahan dia. Jadi harusnya dia cepat buangnya, jadi nahan ke situ,” ucap Nemin.

Ia mengaku tak bisa menegur pengembang tersebut lantaran berada di wilayah Kota Bekasi. Sehingga desa mengadukan ke pemerintah kabupaten melalui Camat Setu.

Menurut Nemin, jika tak kunjung direspon, pemerintah desa bakal mengadu ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat,”Nanti biar Gubernur yang menegur,” tuturnya.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Cijengkol, A Saefulloh, akibat gorong-gorong itu sekitar seribu kartu keluarga di Grand Residence terdampak banjir.

“Itu kalau ada pohon pisang aja bisa tersembat, kita sudah sampaikan dari dulu semenjak Camat Surya. Kami harap pemerintah kabupaten dapat menjalin komunikasi dengan pemerintah kota,”paparnya.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here