Kades Iing Ajak Warga Gotong Royong Bikin Tanggul Sementara

  • Share
Kerja bakti warga Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Minggu, 7 Maret 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com – Banjir melanda Desa Ciledug, Kecamatan Setu, pada 20 Februari 2021. Itu berdampak terhadap 5 perumahan, dan ribuan warga menjadi korban.

Kepala Desa Ciledug, Iing Solihin, menjelaskan banjir itu diperparah lantaran ada 2 titik tanggul yang jebol.

Titik pertama jebol sebanyak 10 meter di tempat yang belum diturap. Sementara untuk titik yang sudah diturap jebol sepanjang 14 meter.

“Minggu kemarin kita sudah kerja bakti untuk membuat tanggul sementara bersama BPD, Karang Taruna, dan masyarakat,” kata dia.

Lanjut dia, tanggul sementara dibuat dari karung dan bambu.

Pihaknya meminta Pemkab Kabupaten Bekasi segera menurap aliran Kali Sadang di Desa Ciledug pada tahun ini untuk mengurangi dampak banjir.

Sementara itu Sekretaris BPD Ciledug, Sarobi, menjelaskan problem selain tanggul jebol adalah bagian yang belum ditanggul sepanjang 1 kilometer lebih.

“Kemarin pembangunan loncat-loncat di beberapa titik. Kita dari desa sendiri sudah membuat proposal tanggap bencana dorong untuk turun di ABT. Untuk tanggulangi yang jebol. Itu sudah dimasukkan ke Musrenbang,” katanya.

Lanjut dia, Kali Sadang merupakan wewenang Pemerintah Kabupaten Bekasi karena Kali Sadang lintas desa: Tamanssri, Ciledug, dan Telajung.

(bks)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *