Satpol PP Bakal Minta Keterangan Camat Setu dan Pengusaha Pertambangan Tanah

Penambangan Tanah Uruk
Lokasi penambangan tanah uruk di Kampung Ciloa, Desa Kertarahayu, Kec. Setu, 8 Juli 2020. (Foto: Dok Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Aktivitas galian tanah merah yang beroperasi kembali usai ditutup Pemerintah Provinsi Jawa Barat di Desa Kertarahayu,  Kecamatan Setu, dalam pengawasan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bekasi. 

Kepala Satpol PP Kabupaten Bekasi,  Dodo Hendra Rosika, mengatakan akan meminta keterangan berbagai pihak terkait aktivitas galian c di Kertarahayu 

“Kita akan minta keterangan dari camat,  kepala desa, kepala dusun dan masyarakat. Pengelola juga kita panggil terkait legalnya,” kata Dodo dihubungi awak media. 

Satpol PP Kabupaten Bekasi sudah terjun ke lokasi galian c. Dari hasil penelusuran aktivitas itu menuai pro-kontra dari masyarakat setempat.

“Galian C ini menuai pro-kontra,  ada yang mendukung,  satu truk itu dikenakan pungutan dua ribu rupiah. Pihak lain ada yang menolak karena merusak lingkungan,” ujar dia. 

Jika sudah meminta keterangan dari pihak-pihak terkait. Satpol PP Kabupaten Bekasi bakal mengeluarkan rekomendasi ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Nanti setelah diminta keterangan,  kewenangan ada di Provinsi Jabar.  Yang pasti kita melakukan pengawasan terkait keresahan masyarakat,” ujar dia. 

Sebelumnya, Kepala Desa Kertarahayu,  Rudi Catur Pribadi, menegaskan tidak pernah memberikan izipn aktivitas galian c baik secara lisan maupun tulisan. 

Namun, hal itu tidak diindahkan pengusaha.  Rudi menikai ada oknum warga yang mendukung kegiatan itu.

“Saya tegaskan tidak pernah memberikan ijin galian. Namun hal itu tidak diindahkan dan tetap beroperasi,” kata Rudi. 

Pemerintah Desa pun sudah mengambil tindakan tegasnya dengan mengirimkan surat keberatan ke Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Provinsi Jawa Barat. 

Aktivitas galian C di Desa Kertarahayu menuai sorotan,  pasalnya aktivitas itu sempat dihentikan paksa oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

(bks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here