Persiapan Pendataan Keluarga, Kader PKK Desa Ciledug Jalani Pelatihan

  • Share
Persiapan Pendataan Keluarga, Kader PKK Desa Ciledug Jalani Pelatihan
Pelatihan kader PKK jelang Pendataan Keluarga yang digelar pada April 2021, Desa Ciledug, Kecamatan Setu, Kamis, 25 Maret 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjaba.com, Kabupaten Bekasi – Jelang Pendataan Keluarga (PK), 33 kader Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menjalani pelatihan di aula Desa Ciledug, Setu, Kamis, 25 Maret 2021.

PK bergulir mulai 1 April hingga 31 Mei 2021 secara serentak di seluruh Indonesia. PK berbeda dengan sensus penduduk yang digelar Badan Pusat Statistik.

“Ada 33 orang yang diterjunkan terdiri dari PKK dan RT. Sasaran pendataan adalah keluarga. Pengisian data secara online menggunakan handohone jadi tidak ditulis,”kata Ketua PKK Desa Ciledug, Berty Oktorina.

Kamis (25/3), seluruh kader PKK diberikan pelatihan langsung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Bekasi.

Persiapan Pendataan Keluarga, Kader PKK Desa Ciledug Jalani Pelatihan 02
Pelatihan pendataan keluarga di Desa Ciledug, Kamis, 25 Maret 2021. (Foto: Urbanjabar.com)

“Mulai keliling pada awal April, semua terjun kebawah mendata. PKK Ciledug mendukung program pemerintah ini,”ujar dia.

Ia mengatakan nanti kader mendatangi keluarga dan merekam data ke HP [handphone]. Tidak membawa formulir kertas tapi ada aplikasi khusus. Kader menanyakan variabel untuk pendataan.

Ia mengatakan kegiatan ini penting untuk informasi dan data yang akurat tentang keluarga yang ada di seluruh Indonesia, agar perencanaan dan proses pembangunan masyarakat secara berjalan efektif.

“Kami berharap masyarakat dapat membantu mensukseskan pendataan ini dengan memberikan data keluarga masing-masing denganbenardan lengkap kepada petugas pendataan,” harapnya.

Perbedaan PK dengan sensus penduduk adalah PK mendata keluarga, sementara sensus mendata individu. PK digelar tiap 5 tahun oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). (bks)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *