Keliling Lokasi P2WKSS Kertarahayu untuk Tinjau Langsung Kondisi

  • Share
Keliling Lokasi P2WKSS Kertarahayu untuk Tinjau Langsung Kondisi 01
Rombongan Pokja P2WKSS dan perwakilan dinas mengunjungi Posyandu Matahari di Kampung Ciloa, Selasa. 30 Maret 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Program Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) akan bergulir dalam waktu dekat di Desa Kertarahayu, Setu.

Sebagai langkah persiapan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kabupaten Bekasi menggelar rapat koordinasi (rakor) kelompok kerja (pokja) P2WKSS di Kantor Desa Kertarahayu.

Kepada para perwakilan dinas yang hadir di tempat itu, Kepala DP3A Ani Gustini, menyebutkan sejumlah kegiatan yang akan terlaksana di lokasi P2WKSS di RW 04, dan RW 08 Kampung Ciloa.

Beberapa kegiatan yang akan terlaksana seperti rehabilitasi 50 unit rumah tidak layak huni, pembangunan 10 titik MCK, pelatihan pengolahan abon dari bahan ikan untuk 20 orang, pelatihan rias pengantin, dan banyak program lain.

Setelah itu, para perwakilan dinas diajak berkeliling ke titik-titik lokasi TMMD dengan mobil wisata yang telah disediakan.

“Tadi semua dari dinas ikut melihat lokasi yang sudah kita tentukan. Dari sarana dan prasarana ada banyak, ada dari rutilahu, ada dari pertanian. Kita juga lihat fasilitas posyandu dan taman bermain tadi,” kata dia.

Mengenai sejumlah usulan tambahan yang belum diajukan, Ani mengaku akan mengajukan hal itu dan kemungkinan akan dimasukkan pada Anggaran Belanja Tambahan (ABT) apabila memungkinkan.

Ani mengaku optimistis Desa Kertarahayu dapat mempertahankan status juara P2WKSS yang telah didapat Kabupaten Bekasi pada 2020 lalu lewat Desa Bojongmangu.

“Semua berproses. Setiap dinas waktu mulai programnya berbeda, ada yang per Juni, Agustus. Tiap dinas punya target masing-masing. Akhir November nanti baru penilaian,” kata mantan camat Cikarang Timur itu.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Kualitas Hidup Perempuan dan kualitas Keluarga, Hendrawan, menjelaskan konsep rakor kali ini berbeda dengan rakor-rakor P2WKSS sebelumnya.

Biasanya rakor P2WKSS diselenggarakan di kantor dinas. Akan tetapi kali ini terselenggara di desa.

“Kita laksanakan di desa dengan tujuan setelah selesai rakor kita ajak SKPD keliling langsung ke lokasi P2WKSS agar dapat melihat langsung kondisi di lapangan,” ucap dia.

Keliling Lokasi P2WKSS Kertarahayu untuk Tinjau Langsung Kondisi
Ketua BPD Kertarahayu, Dedi, memandu rombongan ke titik-titik lokasi P2WKSS, Selasa, 30 Maret 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Sementara itu, Kepala Desa Kertarahayu, Rudi Catur Pribadi, menjelaskan pihaknya beserta masyarakat sangat siap menyongsong P2WKSS.

“Kami sangat siap. Namun, apalah artinya kami di sini kalau tidak didukung para kepala dinas. Alhamdulillah cukup banyak juga (kegiatan yang akan dilaksanakan, Red). Mudah-mudahan nanti lebih banyak lagi,” demikian dia.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kertarahayu, Dedi, mengatakan dinas yang sudah konfirmasi pembangunan itu sesuai dengan kebutuhan di lokasi P2WKSS.

“Dan juga pengajuan yang belum terkonfirmasi kegiatannya kita menyesuaikan kebutuhan di wilayah P2WKSS,” kata dia.

Sementara mengenai usulan tambahan, ada beberapa dinas yang meminta proposal pengajuan susulan karena belum terdata pada pengajuan awal.

“Dengan kerja sama seluruh stakeholder untuk mempertahankan gelar juara maka kami sangat optimistis bisa meraihnya kembali juara 1 P2WKSS tingkat Jawa Barat,” demikian dia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *