Buntut Dugaan PHK Sepihak Sekretaris PUK, Ribuan Massa FSPMI Bakal Geruduk PT KUI

PUK PT Showa Konsolidasi Jelang Merger Perusahaan
Ketua PC SP AMK FSPMI Bekasi, Suparno, sewaktu memberi sambutan di Omah Buruh, Cikarang Selatan, Sabtu, 12 September 2020. (Foto: Urbanjabar.com)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Sebanyak 1.000 buruh akan menggelar unjuk rasa di PT Komatsu Undercarriage Indonesia (KUI) yang terletak di Jalan Jababeka IX, Kecamatan Cikarang Utara, pekan depan.

Ketua PC SPAMK FSPMI Bekasi, Suparno, menjelaskan aksi itu karena PT KUI tetap mem-PHK Sekretaris PUK PT KUI Ampi Fatkhudin secara sepihak usai sejumlah pertemuan dengan PC SPAMK dilakukan.

“Kita akan lakukan aksi perdana. Sebagai ketua PC saya masih tetap berharap Ampi dipekerjakan kembali. Sampai tanggal 7 besok kita tunggu,” ucap Suparno saat diwawancarai, Rabu, 31 Maret 2021.

“Jika memang perusaaan tetap tidak berubah pikiran, tanggal 7 kita akan aksi dengan massa kurang-lebih 1.000,” sambung dia.

Aksi unjuk rasa, kata pria yang akrab disapa Parno ini akan terlaksana dengan penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Lanjut dia, apabila aksi pada tanggal 7 April tak membuahkan hasil, maka PC SPAMK akan terus menggelar aksi serupa.

“Kami juga sampaikan surat kepada Komatsu Pusat, dan kita akan kirim surat kepada serikat pekerja di Jepang,” katanya.

“Selama Ampi tidak dipekerjakan kembali di luar letigasi yang ada kita akan lakukan proses nonlitigasi. Aksi tidak akan pernah berhenti. Kita akan terus aksi di PT KUI,” tegas dia.

Parno berpandangan sanksi yang diberikan manajemen PT KUI terhadap Ampi Fatkhudin tak sebanding dengan pelanggaran yang diduga dilakukannya.

“Belum pernah ada SP-1, SP-2, dan SP-3. Ini tiba-tiba keluar surat skorsing. Tentu tidak sebanding,” katanya.

Dia melanjutkan, apabila Ampi dituding meninggalkan area kerja tanpa izin, maka tak dapat dikenakan sanksi PHK.

“Sangat patut diduga, Ampi yang merupakan sekretaris PUK, di-PHK merupakan union busting. Itu yang kami khawatirkan dari PHK sepihak. Pemberangusan serikat pekerja kami akan terus lawan,” demikian Parno.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here