HUT ke-9 Forum Komunikasi Jababeka, Santuni Anak Yatim di 24 Titik

HUT ke-9 Forum Komunikasi Jababeka, Santuni Anak Yatim di 24 Titik 02
Pembagian santunan ke salah satu lokasi di sekitar kawasan industri Jababeka, Jumat, 2 April 2021. (Foto: Dokumentasi FKJ)
DEWAWEB

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Berbagi kepada masyarakat menjadi inti dari peringatan hari jadi ke-9 Forum Komunikasi Jababeka (FKJ). Usai salat Jumat dilaksanakan, anggota FKJ langsung bergerak dan menyebar ke masing-masing titik untuk membawa bingkisan kepada anak yatim, Jumat, 2 April 2021.

Ada 24 titik yang disambangi secara serentak oleh puluhan anggota FKJ dalam rangka pemberian santunan kepada anak yatim yang berada di desa sekitar Kawasan Industri Jababeka (KIJ).

Ketua FKJ, Sulaiman, mengatakan ide pemberian santunan kepada anak yatim seperti ini tergolong baru. Biasanya, anak yatim datang ke Saung Buruh untuk mendapat santunan.

“Kita santuni hampir menyeluruh di lingkaran kawasan, seperti Tanjungsari, Mekarmukti, Cikarangkota, Pasirgombong. Bahkan sampai di Ciksel, Desa Pasirsari,” kata Sulaiman ketika ditemui di Saung Buruh.

Ada total 500 bingkisan yang disebar ke 24 titik itu. Santunan itu murni bersumber dari urunan para anggota FKJ dari berbagai perusahaan di KIJ.

HUT ke-9 Forum Komunikasi Jababeka, Santuni Anak Yatim di 24 Titik 01
Pembagian santunan ke salah satu lokasi di sekitar kawasan industri Jababeka, Jumat, 2 April 2021. (Foto: Dokumentasi FKJ)

“Memang ini pure kekuatan kawan-kawan. Antusias mereka tinggi. Kita sengaja sebar di Jababeka biar para buruh kenal dengan tokoh masyarakat,” ucap dia.

“Ini juga biar masyarakat tahu kalau buruh tidak demo doang, tidak hanya nuntut hak, bikin macet. Kita juga bagi hasil kerja kita,” demikian dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Hari Jadi FKJ, Anang Widodo, menjelaskan inisiasi pemberian santunan secara serentak ke 24 titik di kawasan industri Jababeka itu agar tidak kehilangan momentum meskipun pandemi masih melanda Indonesia.

“Kemarin kita melihat ini jadi kekuatan kita sendiri bagaimana kita bikin pergerakan di grup Jababeka khususnya FSPMI. Kita bikin gerakan bisa murni dana dari kawan-kawan sehabis gajian berdonasi,” kata dia.

“Kiita akan galang terus setiap bulan agar pergerakan ini sesuai dengan fungsinya berkomunikasi. Soliditas kawan-kawan teruji. Luar biasa antusiasnya,” sambungnya.

Lanjut dia, pemilihan titik-titik santunan ini dilakukan dengan cara komunikasi dengan tokoh masyarakat setempat, terlebih di sekitar kawasan para anggota bekerja.

HUT ke-9 Forum Komunikasi Jababeka, Santuni Anak Yatim di 24 Titik
Foto bersama pemberian santunan di lokasi ke-24 bertempat di Saung Buruh, Kecamatan Cikarang Timur, Jumat, 2 April 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah ‘Kita Bisa’. Kegiatan rutin FKJ di Saung Buruh adalah konsolidasi, diskusi, dan pendidikan bagi para buruh.

Ketua KC FSPMI Bekasi, Sukamto, mengapresiasi FKJ yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar tempat kerja. Ini sekaligus menepis stigma buruh di tengah masyarakat.

“Buruh kerjanya aksi saja kesannya. Kita juga banyak kegiatan sosial sebagai contoh FKJ yang secara terkoordinir dapat terlihat. Ini catatan kita ke depan untuk kita akan kembangkan lebih ke masyarakat,” ucap dia.

Kata Sukamto, ada 3 forum lain berbasis region di luar FKJ, seperti Ejip Deltamas Hyundai (EDH), MM 2100, dan Luar Kawasan.

HUT ke-9 Forum Komunikasi Jababeka, Santuni Anak Yatim di 24 Titik 02
Ketua KC FPSMI Bekasi, Sukamto, memberikan santunan kepada anak yatim ditemani Ketua FKJ Sulaiman di Saung Buruh, Kecamatan Cikarang Timur, Jumat, 2 April 2021. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

“Semoga ini terus berkelanjutan, dan menjadi contoh bagi (forum) yang lain. Mereka kompak. Intinya tetap boleh berkreasi sesuai dengan yel-yel ‘punya gaya’ asal jangan banyak gaya,” ucap dia.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Istri Anggota Komisi X DPR RI Obon Tabroni yaitu Uun Marpuah, kemudian perwakilan Pimpinan Cabang tiap serikat pekerja, ketua PUK di KIJ, dan pengurus FKJ.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here