Tidak Hadir dalam Audiensi, PT KUI Tetap Didemo Besok

  • Share

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Audiensi Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi dengan serikat pekerja, dan Disnaker berlangsung di Ruang VIP DPRD Kabupaten Bekasi, Cikarang Pusat, Selasa, 6 April 2021.

Pada kesempatan tersebut masalah dugaan PHK sepihak terhadap Sekretaris PUK PT Komatsu Undercarriage Indonesia (KUI) Ampi Fatkhudin.

Sekretaris Komisi IV DPRD Kabupaten Bekasi, Rusdi Haryadi, menjelaskan Komisi IV sebenarnya mengundang semua pihak mulai dari serikat pekerja, Pengawas Ketenagakerjaan Dinas Tenaga Kerja Jabar, Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, dan PT KUI sendiri.

“Perusahaan hari ini tidak hadir dan tidak ada konfirmasi apapun dari mereka,” ucap dia kepada wartawan.

Jadi, pada audiensi kali ini Komisi IV baru mendengarkan informasi dari serikat pekerja, yaitu PC SP AMK FSPMI.

Baca juga: FSPMI Minta Ampi Dipekerjakan Kembali

“Informasi yang kami terima baru dari pihak (serikat) karyawan saja. PHK sebetulnya bertahap, menyasar para anggota serikat para pengurus. Bulan Juli kalau tidak salah ketua serikat (di-PHK, Red). Bulan Desember sekretaris,” kata dia.

Dia mengaku akan menggali lebih jauh terhadap hal tersebut.

“Kita khawatir ini upaya union busting. Setelah ketua di-PHK, sekarang sekretarisnya. Kekhawatiran kita ini akan terus sehingga organisasi serikat ada upaya dilemahkan,” kata dia.

Dengan audiensi ini dia berharap dapat menjadi atensi pihak eksekutif baik Disnaker dan Pengawas Ketenagakerjaan, serta pihak-pihak itu dapat membuat rencana penyelesaian masalah.

“Pasti ada tindakan dari kami. Kami dengan kewenangan patut menggunakan banyak metode. Sepanjang kami lakukan hal serupa (perselisihan industrial) dengan kasus yang sama, memang perusahaan sering tidak hadir,” tegas dia.

Pihaknya memastikan ada tindak lanjut, entah itu memanggil ulang PT KUI atau inspeksi mendadak ke perusahaan yang terletak di Jalan Jababeka IX, Cikarang Utara, tersebut.

“Nanti bisa kami koordinasikan secara kelembagaan,” demikian dia.

Sementara itu Kasi Perselisihan Bidang Hubungan Industrial Disnaker Kabupaten Bekasi, Bambang Widarya, enggan memberikan komentar.

“Nanti kadis saja ya. Kepala dinas,” kata dia sambil lalu.

Di tempat yang sama, Ketua PC SP AMK FSPMI Bekasi, Suparno, memastikan aksi demonstrasi akan digelar besok.

“Karena PT KUI tidak datang, besok kita akan tetap aksi,” singkat dia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *