Kasus Galian C di Kertarahayu Dilimpahkan ke Jabar

  • Share
Tindak Lanjuti Laporan Masyarakat, Wagub Jabar Segel Pertambangan Tanah di Desa Kertarahayu 1
(Ilutrasi) Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum melihat dua ekskavator yang digunakan pelaksana pertambangan untuk mengeruk tanah, Kamis, 16 Juli 2020. (Foto: Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi melimpahkan kasus galian c di Desa Kertarahayu kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hal itu ditandai dengan surat nomor 660.3/ 1175/ GAKKUM/DLH/IV/2020 perihal penyerahan penanganan pengaduan dari DLH Kabupaten Bekasi ke Kepala Dinas DLH Pemprov Jabar dan ESDM Jabar.

Surat itu, ditandatangi langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Peno Suyatno, dalam surat itu dijelaskan pada 16 Juli 2020 telah dilakukan sidak oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.

Pada poin ketiga, sesuai kewenangan penanganan pengaduan ada di ESDM Jawa Barat sesuai peraturan nomor 23 tahun 2014.

DLH Kabupaten Bekasi menyerahkan kasus itu sepenuhnya ke DLH dan ESDM Jabar untuk segera dilakukan tindaklanjut dan mengambil langkah-langkah hukum.

Sebelumnya diberitakan, aktivitas pertambangan tanah ilegal yang kembali beroperasi di Kertarahayu menjadi sorotan Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja. Ia. menegaskan Pemkab akan melihat aktivitas itu.

“Tentu saja pemda akan melihat, dan apabila (kegiatan) secara ilegal melakukan itu, kami akan tindak tegas,” kata Eka kepada wartawan saat berada di lokasi TMMD, Kampung Ciloa, beberapa waktu lalu.

Eka tak mau terburu-buru, pihaknya akan meminta Satpol PP untuk melihat hal itu, dan apabila ditemukan pelanggaran akan menindaknya.

“Kita lihat dulu, nanti kita lakukan tindakan terhadap pelanggar,” ucap dia.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *