HMPI Sumsel menilai kurang tepat Kebijakan Pelarangan Mudik lebaran karena tak sesuai fakta di lapangan. 

  • Share

Sumsel, Urbanjabar.com – Kebijakan pelarangan mudik lebaran tahun ini dinilai kurang tepat dan membuat kegaduhan dimasyarakat meskipun itu di dasari alasan meningkatnya Covid 19 diberbagai wilayah terutama di Sumsel dan Umumnya Kota Palembang.
Karena sejak Pandemi Covid 19 terkhusus di tiga bulan terakhir di tahun ini.

Penerapan protokol kesehatan yang selama ini dijalankan terkadang terkesan sangat berbeda apa yang ada di berita tv, media Social ketika di cocokan fakta lapangan. Seperti kita ketahui bersama dan tidak menutup mata baik di pasar, tempat pernikahan, cafe, Mall, tokoh2 dan kegiatan pemerintahan yang banyak mengundang kerumunan dan melanggar protokol kesehatan. Karena kita sering survei lapangan melihat situasi sebenarnya bahwa penerapan protokol kesehatan itu terkesan hanya di mata kamera saja setelah itu tidak di hiraukan.

Oleh karena itu hal ini akan menimbulkan banyak spekulasi dan berbagai kegaduhan karena adanya pelarangan mudik lebaran. Karena momen mudik lebaran ini terjadi satu tahun sekali dan dinilai sangat penting untuk mengobati rasa rindu dengan keluarga karena mereka sudah menyiapkannya dari jauh jauh hari. Berkaca dari tahun lalu mereka sudah bersabar untu stay dirumah atau bahasa sekarang itu lockdown dirumah atau workh from home dan terus mematuhi aturan pemerintah.

Jikalau itu memangpun terus diterapkan pelarangan ini orang yang mayoritas perantau ataupun para mahasiswa yang tidak mudikpun kami prediksi akan lebih parah berkumpulnya karena di kota2 tentu berkumpul nya dengan orang lain dan bukan keluarga itu justru akan mengudang lebih parah penyebaran Covid 19. Karena mereka tidak mungkin labaran dikota atau rantauan hanya untuk berdiam diri di rumah atau kosan sudah pasti akan berkeliaran kemana untuk mengunjungi teman, keluarga nya ataupun orang yang dikenalnya.

Maka dari itu ketua Umum HMPI Sumsel memberikan masukan untuk meninjau kembali kebijakan tersebut untuk mencari solusi terbaik bagi masyarakat terkhusus di Sumsel.
Mari duduk bersama untuk mencari solusi agar tidak menimbulkan banyak Persepsi dari berbagai kalangan masyarakat.

(Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *