Perkaderan Maraton IPM Enrekang: Cetak kader di Tengah Pandemi Covid.

  • Share

           Keterangan Gamabar : Suasana Pelaksanaan pengkaderan Taruna Malati 1 Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Enrekang, yang dilakukan Secara marathon untuk mencetak kader di tengah Pandemi Covid.

Enrekang,Urbanjabar.com – Meskipun dalam situasi pandemi, Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah Kabupaten Enrekang tidak menyurutkan semangat untuk tetap melakukan program kerjanya yaitu melakukan pengkaderan.

Pelatihan kader muda taruna melati 1 Sukses di gelar di lima Lokasi berbeda yang ada di Kabupaten Enrekang.Adapun pengkaderan yang dilaksanakan diantaranya adalah, MTs Muhammadiyah Tongko
yang dilaksanakan pada Tanggal, 18-22 April 2021, MTs Muhammadiyah Pasui yang dilaksanakan pada tanggal 24-28 April 2021, MTs Muhammadiyah Kalosi, yang dilaksanakan pada Tanggal 28 april-2 mei 2021 SMA/MA/MTs Muhammadiyah Enrekang
, 1-5 Mei 2021, serta Ponpes Muh Darul Falah Malua yang dilaksanakan pada tanggal 3-7 Mei 2021.

meski Pelaksanaan Kegikatan Pengkaderan yang dilakukan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah tersebut di tengah panemi covid-19 tidak menyurutkan semangat karena pengkaderan tersebut dilaksanakan dengan menggunakan System Protokol Kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pimpinan Daerah Ikatan pelajar Muhammadiyah Kabupaten Enrekang Muhammad Saleh mengatakan bahwa Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) adalah organisasi otonom Muhammadiyah yang merupakan gerakan Islam, dakwah amar ma’ruf nahi mungkar di kalangan pelajar, berakidah Islam dan bersumber pada Al-Qur’an dan Al-Sunnah. IPM saat ini terdapat di 34 provinsi se-Indonesia. Salah satunya adalah PD IPM Kabupaten Enrekang.
” Tujuan kegiatan ini adalah membentuk pelajar yang berkarakter, keritis relijius dan solid.dalam kegiatan ini kita tetap melaksanakan dan mengedepankan protokol kesehatan, menyiapkan tempat cuci tangan. Jaga jarak dan menggunakan masker.” Ungkapnya.

Terpisah, tokoh pemuda Massenrempulu yang merupakan salah seorang alumni IPM Enrekang, yang saat ini berdomisili di Banjarmasin, Dr. Siswanto Rawali, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa
“Saya sangat mengapresiasi program TM I PD IPM Enrekang yang secara maraton diadakan di beberapa wilayah di kabupaten Enrekang selama Ramadhan, padahal saat ini masih pandemi Covid. Adek-adek IPM Enrekang teruslah berkhidmat untuk Ummat. ” Ungkapnya.

Lebih Lanjut dirinya menambahkan bahwa Kondisi pelajar dan generasi muda kita saat ini dihadapkan pada tantangan terganggunya sistem pendidikan formal akibat pandemi Covid-19. Belum lagi tantangan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di era revolusi industri 4.0 yang membawa dampak negatif yang sangat mengerikan.

“Oleh karena itu kehadiran dan kepeloporan IPM sangat dinanti dan dibutuhkan setiap saat. IPM harus terus melanjutkan peran-peran ‘profetik’nya untuk terus menyebarkan pesan-pesan amar ma’ruf nahi munkar demi menyelamatkan perikehidupan generasi muda Islam..” Demikian ditegaskan mantan PP Pemuda Muhammadiyah yang bertugas di Fisip Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin ini.

(Bang El)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *