684 Mobil Gagal Mudik Lewat Tol Jakarta-Cikampek

  • Share
684 Mobil Gagal Mudik Lewat Tol Jakarta-Cikampek
Polisi memeriksa bus AKAP yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek, Kamis, 6 Mei 2021. (Foto: Dokumentasi Jasa Marga)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Ratusan mobil gagal mudik lewat Tol Jakarta-Cikampek pada hari pertama larangan mudik, Kamis, 6 Mei 2021.

Jasa marga dan polisi mencatat pencapaian pada hari pertama larangan mudik di Tol Jakarta-Cikampek ada 684 kendaraan dikeluarkan dari 2 pintu tol.

Pintu tol itu adalah Gerbang Tol Cikarang Barat di km 31 arah Cikampek, dan Gerbang Tol Karawang Barat di km 47 arah Cikampek.

General Manager Representatif Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Widiyatmiko Nursejati menyatakan bahwa ini dari total 648 mobil yang dikeluarkan dari Tol Cikarang dan Karawang yang dialihkan tersebut diantaranya sekitar 88 persen kendaraan pribadi dan 12 persen merupakan kendaraan angkutan penumpang.

“Di hari pertama terpantau kepadatan menjelang kedua titik check point dimaksud karena pihak Kepolisian melakukan pengecekkan dokumen pendukung Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) yang masuk dalam kategori dikecualikan,” kata Widiyatmiko dalam keterangan resmi, Kamis, 6 Mei.

“Namun kami amati di lapangan, setelah lokasi titik penyekatan relatif lancar. Jika ada yang tidak memenuhi syarat perjalanan maka akan ditindak keluar ke gerbang tol terdekat, Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 3 dan GT Karawang Barat 1 untuk diputar balik kembali ke arah Jakarta,” sambung dia.

Kasat Patroli Jalan Raya Ditlantas Polda Metro Jaya, Komisaris Akmal, menjelaskan terus mengevaluasi dan mempelajari pengawasan di titik-titik check point.

“Banyak sekali sekat-sekat antar Provinsi, bahkan masuk Kota/Kabupaten pun ada, jadi kecil kemungkinan untuk lolos,” ucap Akmal.

“Mungkin bisa saja di titik Cikarang Barat Km 31 ini lolos ya, namun di titik pemeriksaan berikutnya juga akan dikeluarkan. Untuk menghindari Covid-19, lebih baik kita semua di rumah saja, tunda untuk mudik sampai benar-benar pandemi ini berakhir,” tutupnya.

Kemungkinan jumlah mobil yang gagal mudik lewat Tol Jakarta-Cikampek bakal bertambah setiap harinya karena operasi penyekatan yang intensif. (aoi)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *