Ulah Warga Bekasi: Sebut TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik

  • Share
Ulah Warga Bekasi Sebut TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik 01
Faisal Rahman menyampaikan permohonan maaf atas videonya, Jumat, 6 Mei 2021. (Foto: @infokomando via Instagram)

Urbanjabar.com, Kota Bekasi – Berita hoaks di tengah pelarangan mudik rentan meletuskan reaksi masyarakat di media sosial. Kali ini, warga Bekasi berulah dengan menyebut TNI kerahkan tank untuk sekat pemudik.

Video yang berdurasi 40 detikan itu tersebar pada Jumat, 7 Mei 2021.

Pada video yang direkam oleh seorang warga Kecamatan Bantargebang bernama Faisal Rahman, 35 tahun, itu memperlihatkan tank sedang berjalan.

Lokasi pengambilan gambar sesuai dengan narasi Faisal, yaitu perbatasan Bogor dan Bekasi, yakni Jalan Raya Narogong. Markas tentara terdekat dari lokasi itu adalah Batalyon Armed 07.

“Penyekatan mudik di perbatasan Bekasi-Bogor. Gak tanggung-tanggung, TNI nurunin tank baja. Yang mau mudik biar dibom,” ujar Faisal saat merekam video.

TNI pun segera mencari Faisal dan tak butuh waktu lama untuk mereka dalam menemukan sosok pria itu.

Video klarifikasi Faisal pun beredar, dia tampak ditemani polisi, dan TNI dalam menyatakan permohonan maafnya kepada masyarakat.

Ulah Warga Bekasi Sebut TNI Kerahkan Tank untuk Sekat Pemudik
Potongan video yang disebar Faisal Rahman ke media sosial dengan narasi yang tidak sesuai.

“Saya menyatakan bahwa video yang saya buat adalah tidak benar atau hoaks. Yang benar adalah TNI sedang melaksanakan kegiatan latihan. Saya menyesal dan berjanji tidak akan mengulangi lagi,” kata Faisal dalam video klarifikasi.

“Sekali lagi saya memohon maaf kepada TNI di seluruh Indonesia atas tindakan saya yang telah mencemarkan nama institusi,” demikian dia.

Jadi, dapat cek fakta atas video TNI kerahkan tank untuk sekat pemudik berkesimpulan bahwa video tersebut merupakan hoaks. (aoi)

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *