Ribuan Pemudik Kembali Jebol Penyekatan di Bekasi

  • Share
Ribuan Pemudik Kembali Jebol Penyekatan di Bekasi
Situasi di perbatasan Bekasi dan Karawang, Senin, 10 Mei 2021. (Foto: Istimewa)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Kemacetan akibat pemudik yang membludak menyebabkan situasi tak kondusif. Ribuan pemudik pun kembali jebol penyekatan di Bekasi, Senin, 10 Mei 2021.

Mereka dapat melanjutkan perjalanan setelah polisi membuka sekat lantaran jumlah pemudik dan kemacetan yang ditimbulkan sudah sedemikian parah.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Hendra Gunawan menjelaskan pembukaan pos penyekatan tersebut adalah diskresi kepolisian.

“Kenapa di buka? Karena sudah terlalu padat. Kemudian kemacetan hampir 5 kilometer,” katanya, Senin dini hari.

“Kita buka sementara. Kasat Lantas saya perintahkan berkoordinasi dengan kasat lantas di Karawang, Purwakarta, Subang, dan Cirebon. Di sana akan disekat lagi,” sambung Hendra.

Alasan lain Hendra membiarkan pemudik melanjutkan perlajalan adalah kondisi yang sudah tak kondusif.

“Ini dinamika, supaya tidak terlalu berkerumun dan jadi potensi penyebaran penyakit. Nanti ktia akan tutup lagi,” jelas dia.

Hendra mengatakan untuk di Pos Penyekatan Jalan Raya Kedungwaringin personel sudah ditambah menjadi 150 petugas gabungan, 70 di antaranya adalah polisi.

Aksi pemudik jebol penyekatan di Bekasi ini sudah sekian kali terjadi lantaran jumlah mereka yang terlalu banyak mengakibatkan tak terbendung.

Apabila polisi menahan terlalu lama maka dapat mengakibatkan kemacetan panjang dan kerumunan.

Meski demikian, para pemudik harus menghadapi penyekatan di titik lain seperti di Kabupaten Karawang, Kabupaten Subang, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Cirebon.

Pada kesempatan ini polisi juga berupaya mengadang pemotor yang sengaja melawan arus agar penyekatan dapat dibuka lantaran kemacetan. (aoi)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *