Terkuak Kasus Korupsi PT ASABRI, Terbesar se-Indonesia?

  • Share
Terkuak Kasus Korupsi PT ASABRI, Terbesar se-Indonesia
Ilustrasi. (Foto oleh Tima Miroshnichenko dari Pexels)

Urbanjabar.com – Kejaksaan Agung kini sedang menangani kasus dugaan korupsi salah satu BUMN, PT ASABRI (Persero), tersangka yaitu Benny Tjokrosaputro, Jimmy Sutopo, dan Sonny Widjaja.

Perlu diketahui, PT ASABRI (Persero) merupakan salah satu BUMN yang berbentuk Perseroan Terbatas. Seluruh saham ASABRI dimiliki oleh negara yang diwakili oleh Menteri Negara BUMN selaku Pemegang Saham.

PT ASABRI (Persero) adalah Asuransi Sosial dan Pembayaran Pensiun bagi Prajurit TNI, Anggota Polri, dan PNS Kemhan/Polri.

Kasus dugaan Korupsi kali ini tercatat terbesar sepanjang sejarah. Mengapa demikian? Jaksa Agung, ST Burhanuddin mengatakan, kasus korupsi ini ditaksir mencapai Rp23,7 triliun dan menjadi skandal terbesar bagi indonesia.

“Minta doanya, kasus Asabri ini korupsi terbesar di Indonesia, sampai Rp23,7 triliun sementara ini, ini duit bukan campur dengan daun,” ujar Jaksa Agung.

Beliau pun mengatakan, “Penegakan hukum harus tetap berjalan harus balance antara pencegahan dan penindakan karena faktor pencegahan adalah tujuan utama yang harus dilaksanakan.” Itu dikatakannya pada kanal YouTube Deddy Corbuzier, Rabu, 17 Mei 2021

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Leonard Eben Ezer Simanjuntak, membeberkan kronologi kasus dugaan korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi oleh PT ASABRI.

Lalu aset apa sajakah yang disita? Penyidik telah menyita beberapa aset tersangka, yaitu aset milik Benny Tjokrosaputro, sebanyak 6 bidang tanah di Sukoharjo, Jawa Tengah dan dan satu bidang tanah di Sleman, DI Yogyakarta, diketahui telah didirikan sebuah bangunan Hotel Brothers Inn di beberapa bidang tanah tersebut.

Tidak hanya itu, Kejaksaan Agung juga menyita satu bidang tanah milik Sonny Widjaja di Badung, Bali dan satu bidang tanah di Tebet, Jakarta Selatan, serupa dengan Benny Tjokrosaputro beberapa bidang tanah yang dimiliki Sonny Widjaja diketahui terdapat bangunan dikenal dengan nama Hotel The Nyaman” Ujar Leonard

Dalam kasus ini, Benny Tjokrosaputro ditetapkan sebagai tersangka selaku Direktur PT Hanson Internasional. Sementara itu, Sonny Widjaja adalah mantan Direktur Utama PT ASABRI.

Melansir dari Kanal YouTube Kompas TV, Menko Polhukam meminta Prajurit TNI dan Polri tetap tenang, kasus korupsi PT ASABRI dipastikan akan terus diusut dan dibawa hingga ke pengadilan, Pemerintah menjamin meski kasus korupsi terus diusut uang milik prajurit yang disimpan di ASABRI tidak akan hilang.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *