Aduh! Cek Saldo di ATM Link Bayar Rp2.500

Aduh! Cek Saldo di ATM Link Bayar Rp2.500
Ilustrasi. (Foto: Ono Kosuki dari Pexels)

Urbanjabar.com – Mulai 1 Juni 2021, tampaknya kita harus lebih rajin menabung dan mencari cuan lewat jalan usaha apapun. Kenapa? Karena, untuk cek saldo di ATM Link kita akan dikenai biaya.

Memang tidak besar, tetapi transaksi yang sebelumnya gratis ini akan sangat terasa ketika menjadi berbayar. Bayangkan, pada awalnya Rp0 alias gratis, menjadi Rp2.500 per cek saldo di ATM Link.

Bayangkan kalau saldo ATM kamu tinggal Rp2.500, lalu kamu berusaha cek saldo untuk memastikan apakah sudah ada kiriman dari orang tua atau belum. Ludes lah Rp2.500 dan rekening kita menjadi Rp0.

Diketahui, 4 bank pelat merah yaitu Bank Mandiri, BRI, BNI dan BTN. Membuat kesepakatan bersama mengenai adanya biaya cek saldo dan tarik tunai.

Sebelumnya, biaya untuk transaksi cek saldo tidak dikenakan biaya begitu juga dengan transaksi tarik tunai. Namun, untuk transaksi transfer saldo biayanya tetap yaitu Rp4.000 per transaksi.

Awalnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) periode 2014-2019 yaitu Rini Soemarno, saat itu meminta biaya transaksi antar Bank BUMN melalui ATM Link bisa menjadi nol rupiah seiring dengan sinergi diantara Bank-Bank pelat merah.

Tampaknya rencana Rini Soemarno sulit terlaksana. Jangankan untuk menggratiskan transfer antar Bank BUMN, sekarang cek saldo menggunakan ATM Link saja akan dikenakan biaya.

Kenapa sih cek saldo aja harus bayar?

Adapun alasan terkait adanya biaya cek saldo dan tarik tunai seperti dikatakan anggota Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) adanya pengenaan biaya untuk mendukung kenyamanan nasabah ke depannya. Nah, kenyamanan apa?

“Dalam rangka mendukung kenyamanan nasabah bertransaksi maka setiap transaksi Cek Saldo dan Tarik tunai kartu BNI di ATM Bank Himbara (Mandiri,BRI dan BTN) atau ATM dengan tampilan ATM Link akan dikenakan biaya,” dilansir dari situs bni.co.id.

Begitu juga dengan situs resmi Mandiri, BRI dan BTN adanya pengumuman serupa perubahan biaya yang akan berlaku seterusnya.

Bila dibandingkan dengan perusahaan switching lainnya, biaya cek saldo nasabah Bank BUMN di ATM Link lebih murah. ATM Bersama menarik biaya cek saldo Rp4.000 dan Melalui ATM Prima Rp4.000

“Untuk cek saldo, biaya transaksi berubah dari nol rupiah menjadi Rp2.500, begitu juga untuk tarik tunai berubah dari nol rupiah menjadi Rp5.000 per transaksi. Sedangkan untuk biaya transfer tetap Rp4.000 per transaksi,” kutipan Manajemen BRI.

 

 

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *