Kebocoran Data 279 Juta Warga Indonesia, Dijual Bebas di Forum Online

  • Share
Kebocoran Data 279 Warga Indonesia, Dijual Bebas di Forum Online
Ilustrasi. (Negative Space via Pexels)

Urbanjabar.comKasus kebocoran data pribadi di Indonesia kian marak terjadi. Tersebar berita bahwa data pribadi kepunyaan 279 juta masyarakat Indonesia bocor dalam suatu forum.

Kasus ini ramai diperbincangkan di Twitter yang berasal dari akun @ndagels dan @nuicemedia yang diunggah Kamis, 20 Mei 2021.

Hayoloh kenapa ga rame ini data 279 juta penduduk indonesia bocor dan dijual dan bahkan data orang yg udah meninggal, kira-kira dari instansi mana?” tulis akun @ndagels.

Akun twitter lainnya yaitu @nuicemedia juga mengatakan kebocoran data di Indonesia ini tidak cuma mencakup No Induk Kependudukan (NIK) tetapi juga status hidup ataupun mati sampai pendapatan.

Informasi data pribadi itu dijual dalam Raidforums.com serta diduga berasal dari informasi kepunyaan BPJS kesehatan.

Pada 12 Mei 2021, informasi itu diiklankan di Raidforums.com. Nama user yang mengiklankan informasi tersebut adalah Kotz.

Seluruh informasi data personal pemerintah Indonesia (NIK/ KPT/ Telepon/ Mail/ Nama/ Alamat) dijual. Tidak terdapat password yang diperlukan,” tulis akun itu.

Akun itu juga mengatakan kalau ia menyediakan 1 juta informasi contoh untuk dicoba secara gratis. Total informasi yang ia sajikan merupakan 279 juta informasi kependudukan.

Dia juga menyebutkan sebanyak 20 juta di antaranya tercantum dengan informasi gambar. Alhasil, berita ini menghebohkan dunia maya, khususnya di Twitter.

Walaupun demikian, Kemenkominfo belum bisa membenarkan apakah data 279 juta informasi penduduk itu bocor serta benar dijual di forum peretas Raid Forums.

Bersumber pada data, pemilik data pribadi ini menjual kumpulan informasi ini dengan harga 0,15 bitcoin atau setara dengan Rp87 juta.

Untuk meyakinkan kebenaran informasi dari 279 juta penduduk yang dijual online, pengunggah informasi tersebut membagikan sampel yang berisi 1 juta informasi penduduk Indonesia.

Sampel tersebut diunggah ke halaman berbagi file bayfiles, anonfiles, serta mega.nz.

Bagi sebagian warganet yang berpendapat di cuitan tersebut, sampel 1 juta informasi bocor tersebut lumayan valid, di dalamnya juga dimuat akun Facebook, Instagram, sampai AskFM.

Saat ini cuitan kedua akun baik dari @ndagels ataupun dari @nuicemedia masing- masing telah diretweet sebanyak 16.400 serta 3021 kali.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *