Program ‘Belajar dari Rumah’ Kemendikbud Jangkau YouTube Nih!

  • Share
belajar dari rumah
Ilustrasi. (Gambar: Kemendikbud.go.id)

Urbanjabar.com – Pada 1 April 2021, Kemendikbud membuat program Belajar dari Rumah (BDR) yang ditayangkan di TV Edukasi.

Pada masa pandemi seperti ini kegiatan belajar mengajar secara offline sedang tidak diberlakukan khawatir akan adanya penyebaran covid-19.

Selama pandemi anak sekolah dasar belajar secara online dirumah melalui televisi maupun handphone, tentu saja ini tidak mudah dilakukan.

Anak sekolah dasar dan para orangtua kewalahan dan kebingungan karena tidak terbiasa dengan metode pembelajaran daring.

Diketahui, pada hari ini tanggal 25 Mei 2021, Kemendikbud melanjutkan program Belajar Dari Rumah (BDR) yang akan ditayangkan di TV edukasi untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (PJJ) sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi.

Guna memperluas cakupan tayangan Program Belajar Dari Rumah (BDR), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan program BDR yang ditayangkan di kanal Youtube Televisi Edukasi dan kanal Youtube Rumah Belajar Kemendikbud untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD).

Rencananya, tayangan tersebut akan dimulai tanggal 1 April 2021 sampai dengan 30 Juni 2021. Dimulai dari hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 11.30

Kemendikbud mengajak para pendidik, dan peserta didik serta orang tua untuk dapat memanfaatkan kanal atau alternatif pembelajaran yang telah disediakan.

Sudah follow medsos Urbanjabar belum? Follow Instagram dan like Facebook

Tayangan untuk anak sekolah dasar mengikuti modul pembelajaran sesuai kurikulum dengan mengutamakan kompetensi literasi, numerasi, dan penguatan karakter.

Diharapkan para anak dan orang tua dapat bekerja sama dalam metode pembelajaran saat ini sehingga kanal atau alternatif pembelajaran yangg sudah disediakan dapat digunakan dengan baik.


Tips bagi orang tua, bikin anak senang belajar di rumah:

  1. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan, biasanya anak sulit belajar karena suasana rumah yang tidak kondusif maka dari itu perlu adanya ketenangan agar anak dapat belajar dengan baik.
  2. Mengajari anak mengatur waktu, Nah untuk yang satu ini sangat penting karena jika anak sudah mengerti mangatur waktu mereka akan tau mana waktu mengerjakan tugas dan bermain.
  3. Mengajari anak kemampuan dalam belajar, yaitu seperti mengajarkan anak dengan cara belajar yang seru, asik dan menyenangkan dengan begini anak akan terbiasa dalam belajar.
  4. Tingkatkan semangat belajar anak, anak-anak akan senang diberi hadiah maka ini adalah cara ampuh yang dapat meningkatkan semangat anak untuk belajar dengan memberikan reward terhadap mereka.
  5. Maksimalkan waktu belajar, jika pelajaran dirasa sulit anak akan merasa jenuh dan malas maka itu ajari anak dengan menemukan letak kesulitannya dan memecahkan soal tersebut, buat waktu belajar anak dengan begitu mereka tidak akan merasa jenuh.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *