Dari Banyuwangi hingga Maluku, Ini Dia Olahan Ayam di Berbagai Daerah

  • Share
olahan ayam di berbagai daerah
Ayam goreng sasando dari Nusa Tenggara Timur. (today.line.me)

Urbanjabar.comIndonesia terkenal akan kekayaan kuliner daerahnya yang tersebar di berbagai penjuru daerah Indonesia. Salah satunya adalah olahan daging ayam yang berbeda-beda di berbagai daerah.

Saat ini, olahan ayam dari berbagai daerah di Indonesia dapat kita jumpai dengan mudah baik di restoran, rumah makan, ataupun warung makan biasa.

Olahan ayam dari setiap daerah tentunya memiliki ciri khas tersendiri dari daerah lainnya, seperti 9 olahan ayam berikut ini.

Follow Instagram dan Facebook Urbanjabar

1. Ayam Kesrut, Banyuwangi

Ayam kesrut merupakan sajian khas suku Osing di Banyuwangi, Jawa Timur. Hidangan ini mirip seperti sup ayam dan memiliki rasa asam yang membuat hidangan ini segar saat disantap.

2. Ayam Goreng Sasando, Nusa Tenggara Timur

Sajian ini merupakan sajian unggulan turun menurun khas Nusa Tenggara Timur. Hidangan ini memiliki rasa seperti ayam goreng biasa, namun yang membedakannya adalah bumbu sambalnya.

3. Ayam Taliwang, Sumbawa

Sajian ini merupakan sajian khas Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Pembuatan ayam taliwang ini dengan cara dibakar dengan bumbu-bumbu pilihan dan biasanya disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya.

4. Ayam Tuturuga, Manado

Ayam tuturaga merupakan sajian khas Manado, Sulawesi Utara. Sekilas hidangan ini seperti ayam opor, tetapi kedua sajian tersebut memiliki rasa yang berbeda karena kuah dari ayam tuturaga sangat kental.

olahan ayam di berbagai daerah 2
Ayam napinadar khas Sumatera Utara. (Foto: borukaro.com)

5. Ayam Napinadar, Sumatera Utara

Ayam napinadar merupakan sajian khas suku batak. Keunikan hidangan ini terletak pada saus spesialnya di mana saus tersebut dibuat dari darah ayam itu sendiri.

6. Ayam Bumbu Hijau Banda, Maluku

Ayam bumbu hijau banda merupakan sajian khas dari Maluku. Hidangan ini memiliki rasa yang pedas, dan kacang kenari dibutuhkan untuk membuat masakan ini karena masakan khas maluku biasanya menggunakan kenari sebagai bahan tambahan.

7. Ayam Tangkap, Aceh

Ayam tangkap merupakan sajian khas Aceh yang berbahan dasar ayam goreng, bumbu, dan rempah khas. Menyantap ayam tangkap merupakan budaya masyarakat Aceh.

8. Lawar Ayam, Bali

Lawar ayam merupakan sajian khas Bali yang berupa campuran sayur, daging ayam cincang, dan kelapa yang dibumbui secara merata. Hidangan ini biasanya disajikan dalam rumah tangga di Bali atau dijual di rumah-rumah makan.

9. Ayam Cincane, Samarinda

Ayam cincane merupakan sajian khas Samarinda yang terbuat dari ayam yang diolah dengan cara dibaluri bumbu dan rempah lalu dibakar. Hidangan ini juga memiliki tampilan yang menarik yakni berwarna merah.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *