Bersiaplah, Ini Daftar Pekerjaan Manusia yang Digantikan Robot di Masa Depan

Daftar Pekerjaan Manusia yang Digantikan Robot di Masa Depan
Ilustrasi robot. (Foto: Alex Knight dari Pexels)

Urbanjabar.comRevolusi Industri 4.0 mendorong otomasi dalam pekerjaan. Hal ini membawa kekhawatiran karena jutaan pekerjaan manusia bakal digantikan robot.

Karena sikap manusia yang cenderung susah diatur dan mudah lelah, robot diyakini dapat bekerja melebihi dari kapasitas dan kapabilitas manusia.

Robot dikhawatirkan dapat meningkatkan gelombang pemutusan hubungan kerjaan (PHK). Jutaan pekerjaan yang berpotensi bakal digantikan dengan robot adalah pekerjaan yang memiliki sifat rutin dan pengulangan.

Menurut laporan World Economic Forum (WEF) pada 2020, bahwa di tahun 2025, diprediksi 85 juta pekerjaan akan digantikan oleh robot.

WEF juga menegaskan di tahun 2025 semua orang perlu meningkatkan keahliannya karena jika tidak, bisa terancam digantikan oleh robot.

Di tahun 2025, WED juga menantikan ada 9,7 juta pekerjaan baru yang akan tercipta, yang berarti akan ada tambahan 12 juta pekerjaan.

FOLLOW medsos Urbanjabar juga ya: Instagram dan Facebook

Menurut Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, Revolusi Industri 4.0 tidak perlu dikhawatirkan karena nantinya efisiensi luar biasa dan potensi pertumbuhan ekonomi akan lebih tinggi. Dengan adanya hal ini dapat menimbulkan lapangan kerja yang lebih besar.

Dikutip dari CNBC, berikut 7 profesi yang terancam digantikan oleh robot.

Sopir

Pekerjaan ini terancam punah bila teknologi mobil atonom atau self driving car sukses diterapkan di jalan.

Koki

Beberapa robot yang bisa masak sudah mulai banyak muncul dan digunakan di restoran.

Tenaga Kesehatan

Artificial Intelligence bisa mengancam profesi ini, karena dengan menggunakan algoritma maka robot dapat mendiagnosa penyakit bahkan memberikan rekomendasi.

Telemarketing

Dengan teknologi chatbot, robot bisa menjawab hingga memberikan saran atas keluhan pelanggan.

Pegawai Administrasi

Robot bisa lebih cepat mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan data. Robot juga tak mungkin salah ketik.

Pengacara

Beberapa pekerjaan dalam profesi ini bersifat rutin dan adanya pengulangan, profesi seperti inilah yang berpotensi digantikan robot.

Analisis Keuangan

Pekerjaan analisis keuangan bisa digantikan oleh robot, karena artificial intelligence bisa menemukan pola dan melakukan perdagangan lebih cepat dibanding manusia.

Dari sekian banyak kelebihan robot, sebenarnya ada satu sifat manusia yang belum bisa tergantikan oleh robot, yaitu sifat empati.

Responses (2)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *