Penutupan Giant dan Munculnya Ritel Lain

  • Share
Penutupan Giant dan Munculnya Ritel Lain
Ilustrasi. (Foto: Artem Beliaikin dari Pexels)

Urbanjabar.com – Penutupan Giant menjadi berita yang cukup menyita perhatian masyarakat. Apa penyebabnya? Giant menjadi jenama yang cukup akrab di tengah masyarakat.

Penutupan Giant yang mungkin mendadak ini menguak fakta bahwa kondisi ritel grup PT Hero Supermarket ini tengah tidak baik.

Giant akan disulap menjadi IKEA ataupun Guardian, yang satunya merupakan ritel furnitur, dan lainnya pengobatan.

Direktur Utama PT Hero Supermarket Tbk yaitu Patrik Lindvall menyatakan akan mengubah lima gerai Giant menjadi IKEA. Rencananya penutupan seluruh gerai akan dilakukan pada akhir Juli mendatang.

Patrik sebelumnya menjelaskan populitas format Hypermarket seperti Giant saat ini mengalami penurunan tak hanya di Indonesia namun juga terjadi di dunia global.

Perusahaan akan memfokuskan bisnis ke merek dagang lain yang memiliki potensi bertumbuh lebih tinggi seperti IKEA, Guardian dan Hero Supermarket.

Follow: Instagram @urbanjabar dan Facebook

Dia berpendapat sektor peralatan rumah tangga, kesehatan dan kecantikan juga keperluan sehari-hari untuk masyarakat kelas atas memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi. Oleh karena itu, perusahaan berencana menambah gerai IKEA dan Guardian.

Perusahaan menargetkan akan menggandakan empat kali lipat jumlah gerai IKEA dan menambah gerai Guardian hingga 100 gerai sampai akhir 2022.

“Kami juga akan memastikan proses yang adil bagi seluruh mitra bisnis kami. Keputusan besar seperti ini tidaklah mudah, tetapi kami percaya keputusan ini perlu diambil untuk kepentingan jangka panjang PT Hero Supermarket Tbk dan para karyawan kami yang berada di bawah naungan perusahaan,” Ujarnya.

Lantas bagaimana dengan nasib karyawan?

Head of Corporate & Consumer Affairs, PT Hero Supermarket Tbk yaitu Diky Risbianto mengatakan bahwa pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan jumlah karyawan Giant yang akan terkena dampak penutupan gerai Giant.

Namun, Diky mengatakan sudah menyampaikan informasi penutupan gerai Giant kepada seluruh karyawan. Ia juga memastikan seluruh karyawan akan diperlakukan secara adil.

Diky akan memberikan apresiasi kepada para karyawan yang terkena dampak atas kerja kerasnya selama ini yang telah melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan memberikan kompensasi sesuai dengan aturan yang berlaku.

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *