Di Amerika Serikat, Ternyata Kangkung Dianggap Berbahaya

Kangkung Dianggap Berbahaya
Ilustrasi. (Foto: Pixabay dari Pexels)

Urbanjabar.com – Kangkung, kerap kali kita menyebut jenis sayuran yang satu ini. Rasanya yang lezat dan kaya akan manfaat membuat kangkung menjadi sayuran favorit bagi masyarakat Indonesia. Ternyata dibalik rasanya yang menggugah selera, kangkung dianggap berbahaya lho.

Dikutip dari worldcrops.org, ternyata kangkung dianggap berbahaya di Amerika Serikat. Di bawah wewenang undang-undang Federal Noxious Weed Act, Layanan Pemeriksaan Kesehatan Hewan dan Tanaman USDA menghalang penjualan, pembelian, dan penanaman tanaman yang satu ini.

Selain itu di Amerika Serikat, kangkung masuk dalam daftar tumbuhan akuatik berbahaya atau beresiko berbahaya dan terdaftar juga sebagai gulma pada Departemen Pertanian di Amerika Serikat.

Perlu dibaca juga: Manfaat Bersepeda Bagi Lansia Tak Bisa Dipandang Remeh

Jadi, jika kamu di Amerika Serikat jangan coba-coba menjual, membeli, dan menanam kangkung ya!

Di kalangan masyarakat Indonesia juga banyak beredar mitos mengenai bahaya kangkung, tentu saja mengonsumsi kangkung dalam kondisi tertentu dan juga secara berlebihan dapat membahayakan kesehatan.

Berikut dampak yang akan ditimbulkan jika kamu mengonsumsi kankung dalam jumlah yang banyak dan kondisi tertentu.

1. Pemicu asam urat

Sayur kangkung mengandung zat purin yang cukup tinggi di mana zat tersebut dapat memicu dan memperburuk asam urat bagi penderitanya.

2. Pemicu alergi

Mengonsumsi sayur kangkung secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan alergi. Pasalnya, kangkung memiliki kandungan magnesium yang cukup tinggi sehingga dapat menyebabkan terjadinya alergi pada sebagian orang.

3. Membuat pencernaan terganggu

Konsumsi kangkung dalam jumlah yang banyak dapat membuat terjadinya gangguan jaringan usus di sekitarnya. Hal ini dapat terjadi karena kangkung memiliki kandungan gas dan zat purin, di mana zat tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami iritasi pada saluran pencernaan.

4. Membuat mudah mengantuk

Mengonsumsi kangkung secara berlebihan juga dapat menyebabkan seseorang menjadi mudah mengantuk. Karena, kangkung memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi sehingga dapat memengaruhi sistem saraf di bagian kepala.

Selain dampak yang ditimbulkan, tentu saja kangkung memiliki beragam manfaat, seperti vitamin A, vitamin C, dan kangkung juga mengandung berbagai macam senyawa tumbuhan dengan aktivitas antioksidan, seperti flavonoid, asam palmitat dan fitol.

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *