Kapan Calon Jemaah Haji Berangkat ke Mekkah?

  • Share
Kapan Calon Jemaah Haji Berangkat ke Mekkah
Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi. (Foto: Konevi dari Pexels)

Urbanjabar.com – Pandemi covid-19 terus menimbulkan ketidakpastian di tengah kehidupan kita. Seperti yang dialami para calon jemaah haji asal Indonesia dan negara-negara lain: kapan calon jemaah haji berangkat?

Kementerian Agama (Kemenag) sampai saat ini belum juga mendapat kepastian mengenai penyelenggaraan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Kepastian yang dimaksud adalah apakah penyelenggaraan haji tahun ini akan mengundang jemaah dari luar Arab Saudi atau tidak.

“Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian. Sekali lagi belum memberikan kepastian apakah penyelenggaraan ibadah haji 1442 Hijriah atau 2021 Masehi akan dilaksanakan seperti tahun 2020 lalu,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Senin, 31 Mei 2021.

Sebelumnya Kemenag akan memberangkatkan jemaah haji dan telah mempersiapkan berbagai skenario, mitigasi, termasuk alur pergerakan jemaah jika ada pemberangkatan haji 2021.

Kalau Calon Jemaah Haji Berangkat, Prosedur di Sana Seperti Apa?

Kapan Calon Jemaah Haji Berangkat ke Mekkah 2
Hanya bisa berdoa agar selalu diberi kelancaran oleh Allah SWT. (Foto: RODNAE Production via Pexels)

Pertama, para jemaah haji harus divaksin Covid-19 terlebih dahulu selanjutnya yaitu karantina jemaah haji selama 3 x 24 Jam saat tiba di asrama haji jemaah akan diminta menjalani swab antigen.

Kemudian, sesampainya di Arab Saudi, para jemaah akan dikarantina di dalam hotel selama 3 x 24 Jam dengan kapasitas 2 orang per kamar.

Karena adanya kemungkinan jemaah yang diberangkatkan hanya sedikit maka semua jemaah akan turun di Jeddah.

Follow juga kita di medsos: Facebook | Instagram | Twitter

Selanjutnya, yang perlu diperhatikan adalah miqat dengan protokol kesehatan. Jemaah haji yang melaksanakan umrah wajib diberangkatkan dengan menggunakan bus menuju tempat miqat dengan mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan pemerintah Arab Saudi.

Selama di Mekkah dan menjalankan kegiatan wajib untuk selalu memperhatikan protokol kesehatan, para jemaah akan diberikan tiga kali kesempatan mengunjungi Masjidil Haram.

Sebelum pulang ke Tanah Air, para jemaah diwajibkan melakukan swab PCR dan jika hasilnya positif akan dilakukan isolasi mandiri di hotel Madinah.

Tahapan terakhir sesampainya di Tanah Air akan melakukan swab antigen kembali di asrama haji.

Semoga dalam waktu dekat ada kepastian kapan calon jemaah haji berangkat ke Mekkah, ya.

 

 

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *