Kisah Sukses Pendiri Tokopedia, Rintis Karir dari Bawah saat Krismon

  • Share
kisah sukses pendiri tokopedia
Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya. (Foto: swa.co.id)

Urbanjabar.com – Siapa yang tidak tahu Tokopedia? Lokapasar asli Indonesia ini menjadi perusahaan rintisan dengan valuasi ratusan miliar. Tapi di balik hal itu, tentu ada orang di baliknya, yaitu William Tanuwijaya. Kisah sukses pendiri Tokopedia tersebut yang bisa kita jadikan inspirasi.

Akhir-akhir ini Tokopedia sangat booming di kalangan remaja. Apa yang membuat begitu digemari? Tentu karena Tokopedia bekerjasama dengan Boygroup dan Girlgroup korea yang saat ini sangat digemari.

Terbukti, brand ambassador Tokopedia yaitu BTS dan Blackpink yang merupakan grup ternama di skena musik k-pop internasional.

Sebenarnya tidak ada yang istimewa dalam kehidupan masa kecil pada pendiri Tokopedia ini, William Tanuwijaya lahir di kota Pematang Siantar pada 18 November 1981.

Ia menghabiskan waktu kecil sampai SMA di kota kelahirannya. Setalah lulus SMA ia memberanikan diri untuk merantau ke Jakarta untuk melanjutkan studinya.

Pada saat itu satu tahun setelah terjadinya krisis moneter banyaknya orang yang menghindar datang ke Jakarta, namun berbeda dengan William, ia mempunyai tekad dan mimpi yang kuat.

Baca juga kisah sukses Johnny Andrean

Ia lolos masuk ke salah satu Universitas Bina Nusantara (Binus) Jakarta dan mengambil prodi informatika, menyadari bahwa biaya hidup di Jakarta cukup mahal dan uang saku tidak seberapa ia memutuskan untuk kuliah sambil bekerja di semester kedua.

Demi membantu orang tua membiayai kuliah iapun bekerja di warnet yang tidak jauh dari kampusnya, mulai dari jam 9 pagi sampai 9 malam kehidupannya berkutat dengan komputer dan dunia online.

Setelah lulus dari Universitas ternama ia melamar kerja di perusahaan pengembangan software komputer dan berhasil lolos.

Saat itu William memimpikan mendirikan perusahaan di bidang internet dia mempunya ide untuk membuat situs jual beli online dengan konsep marketplace sederhana, terpercaya dan gratis.

Akhirnya William bekerjasama dengan temannya Leontinus Alpha Edison untuk membangun startup baru yang diberi nama Tokopedia. Mereka pun mencari investor yang ingin mendanai situs jual beli online tersebut.

Setelah sekian lamanya pada tahun 2009, ia berhasil menemukan investor dan berhasil mendirikan Tokopedia hingga saat ini bahkan Tokopedia berhasil mendapatkan penghargaan E-Commerce terbaik di Indonesia.

Nah, kamu yang sedang merintis bisnis, jangan sampai langsung down karena situasi yang serba sulit. Bisa kita lihat dari kisah sukses pendiri Tokopedia tadi. Dia tak berhenti ketika kondisi serbasulit. Ingat, ada pepatah barat yang berbunyi when there’s a will, there’s a way patut kita renungkan. Keep on trying!

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *