Bersama-Sama Jaga Lingkungan dari Persoalan Sampah

  • Share
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bareng-Bareng Jaga Lingkungan dari Sampah
Ketua DPRD Kabupaten Bekasi, BN Holik Qodratullah. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Urbanjabar.com, Kabupaten Bekasi – Permasalahan sampah masih menjadi sorotan di Kabupaten Bekasi dalam peringat Hari Lingkungan Hidup dunia yang diselenggarakan Komunitas Pecinta Lingkungan (Kopel), Sabtu (5/6/2021) di Kantor Desa Danau Indah.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua DPRD Kabupaten Bekasi BN Holik Qodratullah, Anggota DPR RI Obon Tabroni, Kepala UPTD Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup Wilayah 3, Sofyan Rahayu dan relawan pecinta lingkungan.

“Permasalahan sampah ini harus dilakukan secara bersama, ini patut kita apresiasi kegiatan yang dilakukan komunitas. Namun yang terpenting perilaku masyarakat untuk menjaga lingkungan,” kata BN Holik.

Masyarakat diharapkan BN Holik, bersama-sama menjaga lingkungan dimulai dari hal kecil yaitu tidak membuang sampah sembarangan dan melalukan penghijauan di masing-masing lingkungan.

DPRD dikatakan dia mendorong eksekutif untuk maksimalkan dalam menangani permasalahan sampah.  Kekurangan armada pengangkut sampah dan sumber daya manusia masih menjadi kendala.

“Kekurangan armada dan tenaga kerja tentu ini perlu biaya, kami akan segera berkomunikasi dengan dinas terkait agar ada upaya nyata penanggulangan sampah,” tutur dia.

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Bareng-Bareng Jaga Lingkungan dari Sampah (2)
Kepala UPTD Kebersihan Wilayah 3, Sofyan Rahayu. (Foto: Kontributor Urbanjabar.com)

Sementara itu, Kepala UPTD Kebersihan Wilayah 3, Sofyan Rahayu, mengapresiasi para relawan lintas komunitas yang aktif menjaga lingkungan.

Yopi, sapaan akrabnya, mengakui bahwa aksi langsung para relawan seperti hari ini tidak kalah pentingnya dengan edukasi kebersihan dan lingkungan hidup.

“Kepada stakeholder dan masyarakat mari kita sama-sama jaga lingkungan hidup. Mari kita sama jaga lingkungan dari sampah,” ucap dia.

“Bicara kebersihan adalah tugas kita bersama. Mari bersama jaga lingkungan. Apabila ada warga ingin buang sampah dapat hubungi RT dan RW setempat,” kata dia.

Sebagai UPTD yang menangani urusan kebersihan di Kecamatan Setu, Cikarang Barat, dan Cibitung, pihaknya siap menangkut sampah di wilayah tersebut apabila warga meninginkan.

“Saat ini pemangku kebijakan Kabupaten Bekasi akan bekerja sama dengan investor mengenai teknologi persampahan di Kabupaten Bekasi. Semoga itu nanti bisa atasi permasalahan sampah,” demikian dia.

Kegiatan bertajuk aksi nyata 1001 relawan tersebut mengangkat tema “Selamatkan Mata Air, Bukan Menambah Air Mata”. Para relawan memungut sampah-sampah di jalan, dan kali, serta menanam pohon.

Komunitas yang berpartisipasi pada kegiatan ini antata lain Kawali, Masyarakat Relawan Indonesia, MPB, Katana, Destana, SCRC, dan lainnya. (via)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *