Apa Sih Perbedaan Jaringan 4G dan 5G?

  • Share
Apa Sih Perbedaan Jaringan 4G dan 5G
Peta pemancar sinyal. (Foto: Troy Squillaci dari Pexels)

Urbanjabar.com – Pemerintah melalui @kemenkominfo di Twitter mengumumkan saat ini berupaya menghadirkan spektrum 5G kepada masyarakat Indonesia. Spektrum ini tak sekedar bertambah satu angka, tetapi tentu ada perbedaan jaringan 4G dan 5G.

Jaringan ini sangat penting untuk memenuhi kebutuhan spektrum frekuensi 2.047 MHz, untuk penggunaan jaringan seluler pitabesar 4G dan 5G pada 2024.

Pemerintah Indonesia telah melakukan 10 uji coba jaringan 5G selama 2017-2019. Uji coba ini bertujuan untuk mempelajari aplikasi potensial dan kasus penggunaan layanan 5G.

Follow Instagram kita @urbanjabar

Jaringan 5G Indonesia akan dilaksanakan secara bertahap dan akan dibatasi pada 13 wilayah, yaitu ibu kota negara (IKN), kemudian 6 ibu kota provinsi Pulau Jawa, lalu 5 destinasi wisata prioritas, dan 1 industri manufaktur.

Perlu tahu perbedaan jaringan 4G dan 5G

Jaringan 5G adalah jaringan seluler generasi kelima yang dapat memberikan kecepatan Internet lebih tinggi dari generasi sebelumnya, yaitu 4G.

Kecepatan jaringan 5G dijanjikan dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi. Secara teknis, jaringan ini merupakan evolusi dari teknologi seluler yang kita gunakan saat ini.

Melansir dari situs High Speed Internet, jaringan 4G adalah teknologi nirkabel generasi keempat yang dapat memberikan kecepatan lebih tinggi dengan menggunakan menara radio untuk menyediakan layanan telepon dan Internet nirkabel untuk perangkat seluler.

Meskipun jaringan 5G dibangun di atas jaringan nirkabel 4G, 5G juga dapat menghadirkan teknologi baru dan frekuensi radio yang lebih luas.

Menara dan pemancar 5G menggunakan lebih banyak antena dan pita frekuensi radio yang lebih tinggi sehingga dapat mencapai kecepatan dan waktu respons yang lebih cepat.

Jika dilihat dari kapasitasnya, di lokasi yang lebih padat penduduknya, 5G sepuluh kali lebih cepat daripada 4G, dengan kecepatan rata-rata mendekati 500 Mbps.

Ini adalah perbedaan besar dibandingkan dengan 4G, yang sekitar 30 Mbps. Dalam keadaan normal, kecepatan maksimum 4G adalah 100 Mbps, sedangkan 5G bisa mencapai 10 Gbps.

Melihat ketersediaannya, jaringan 4G dapat digunakan hampir di mana saja, kecuali untuk daerah terpencil dan masyarakat pedesaan di mana akses telepon seluler terbatas. Sementara itu jaringan 5G saat ini memiliki jangkauan terbatas di kota-kota besar dan kecil.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *